kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

11 Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes yang Sebaiknya Dikonsumsi


Selasa, 12 September 2023 / 11:25 WIB
11 Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes yang Sebaiknya Dikonsumsi
ILUSTRASI. Beberapa buah yang baik untuk penderita diabetes karena memiliki skor GI rendah adalah jeruk, tomat, apel, dan buah pir.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Penderita diabetes harus memilah-milah makanan yang aman dikonsumsi termasuk buah yang baik untuk penderita diabetes. Beberapa buah untuk penderita diabetes ini biasanya memiliki skor Indeks Glikemik (GI) yang rendah. 

Indeks Glikemik atau GI menunjukkan seberapa banyak makanan tertentu dapat meningkatkan gula darah seseorang setelah mereka memakannya. Jika suatu makanan memiliki skor GI antara 70 hingga 100, maka makanan tersebut tinggi gula. 

Beberapa buah yang dilarang untuk penderita diabetes karena memiliki skor GI tinggi antara lain semangka, kurma kering, nanas, maupun pisang yang terlalu matang. 

Sementara beberapa buah yang baik untuk penderita diabetes karena memiliki skor GI rendah adalah jeruk, tomat, apel, maupun buah pir. 

Selain itu, apa saja buah yang baik untuk penderita diabetes? 

Baca Juga: 8 Buah Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tinggi Bisa Jinak Lagi

Buah untuk penderita diabetes

Pepaya dan jeruk salah satu buah untuk penderita diabetes

Dirangkum dari laman Healthline dan buku "Jamu Ajaib Penakluk Diabetes" (2013), berikut adalah beberapa buah yang baik untuk penderita diabetes:  

1. Jambu biji

Salah satu buah yang aman untuk penderita diabetes adalah jambu biji. Jambu biji mengandung banyak serat dan antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, betakaroten, dan asam folat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Kandungan vitamin C pada jambu biji bahkan terhitung dua kali lebih banyak daripada kandungan vitamin C pada jeruk manis. 

Satu buah jambu biji berukuran sedang mengandung empat kali lebih banyak vitamin C dan betakaroten, dibandingkan dengan satu buah jeruk. 

Tak hanya itu, jambu biji juga kaya akan kalsium, kalium, zat besi, dan vitamin B yang juga berguna bagi tubuh.

Baca Juga: Hati-hati 5 Gejala Kanker Prostat yang Bisa Membahayakan Kesehatan

2. Buah pir

Buah pir juga menjadi salah satu pilihan buah untuk penderita diabetes. Buah pir mengandung banyak serat namun memiliki skor GI yang rendah.

Kandungan vitamin satu buah pir berukuran sedang antara lain:

  • Karbohidrat: 27,1 g, 17,4 di antaranya adalah gula
  • Serat: 5,52 gram
  • Kalori: 101
  • Kalium, magnesium, dan fosfor
  • Vitamin C, K, dan beberapa vitamin B

3. Apel 

Buah apel termasuk buah yang juga banyak digemari masyarakat Indonesia dan buah yang baik untuk penderita diabetes. 

Meski terasa manis, buah apel sangat baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena kandungan nutrisinya dapat mengonstrol kadar gula darah di dalam tubuh. 

Buah apel juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat mencegah peningkatan kadar gula darah secara drastis. Kandungan vitamin buah apel diantaranya vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, dan serat yang tinggi.

Sementara, kandungan serat pada buah apel dapat bermanfaat untuk membuat perut kenyang lebih lama dan memperlambat penyerapan nutrisi seperti gula ke dalam aliran darah. 

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan, Mampu Menurunkan Risiko Diabetes

4. Jeruk 

Jeruk juga termasuk buah yang baik untuk penderita diabetes. Pasalnya, jeruk kaya akan vitamin C dan memiliki nilai GI yang rendah.

Jeruk utuh cenderung tidak meningkatkan kadar gula darah dibandingkan jus jeruk. Sehingga, bagi Anda penderita diabetes lebih baik mengonsumsi jeruk segar dibandingkan jus jeruk. 

Jeruk biasa dengan berat 154 gram mengandung:

  • Karbohidrat: 18,2 gram, di mana 13,8 gram adalah gula
  • Serat: 3,4 gram
  • Kalori: 77
  • Vitamin C: 87 miligram (mg)
  • Kalsium, mangan, fosfor, kalium
  • Vitamin A dan berbagai antioksidan

5. Stroberi 

Selain dimakan langsung, buah yang memiliki nama latin Fragraria chiloensis ini kerap digunakan sebagai bahan dasar jus, selai, dan hiasan kue. 

Stroberi termasuk buah yang mengandung antioksidan, vitamin, dan serat yang baik untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh. 

Satu gelas stroberi dilaporkan bisa mengandung serat dan sanggup mencukupi kebutuhan vitamin C harian hingga 136%. 

Baca Juga: Banyak Pilihan, Ini 5 Makanan Penambah Darah yang Mudah Dikonsumsi

6. Pepaya 

Buah pepaya sering dikonsumsi masyarakat Indonesia dan terkenal mampu melancarkan pencernaan. 

Tak hanya serat, buah bernama latin Carica papaya ini juga mengandung antioksidan, seperti betakaroten (vitamin A), vitamin C, vitamin B kompleks, flavonoid, asam folat, pantotenat, mineral, kalsium, dan magnesium. 

7. Anggur

Anggur juga merupakan buah untuk penderita diabetes. Anggur memiliki nilai GI rendah dan mengandung berbagai antioksidan, seperti proanthocyanidins, anthocyanin, flavonol, asam fenolik. 

Nutrisi ini dapat membantu mengatasi peradangan, bermanfaat bagi bakteri usus, dan membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Kandungan vitamin buah anggur seberat 75 gram adalah:

  • Karbohidrat: 13,6 g, dimana 11,6 g adalah gula
  • Serat: 0,7 gram
  • Kalori: 51,8
  • Kalsium, kalium, magnesium

Baca Juga: Mencegah Radang Sendi, Sederet Manfaat Pepaya yang Kaya Vitamin

8. Plum 

Buah plum dapat dimakan segar maupun setelah dikeringkan. Buah ini dilaporkan memiliki kandungan zat fito yang dikenal sebagai asam neoklorogenik dan klorogenik yang berfungsi sebagai antioksidan. 

Plum juga mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat membantu melindungi tubuh dari asma, barah kolon, osteoarthritis, dan artritis rheumatoid. 

Selain itu, plum kaya akan kumpulan vitamin B kompleks, vitamin B6, vitamin K, asam pantotenik, sorbitol, isatin, kalium, florida, dan zat besi. 

9. Kiwi 

Kiwi menjadi asupan buah yang baik untuk penderita diabetes karena buah ini kaya akan vitamin C, serat, kalium, dan antioksidan. 

Kiwi termasuk dalam 27 buah yang memiliki kepadatan nutrisi. Sementara, semakin tinggi kepadatan nutrisi suatu bahan makanan, kian baik pula mutu bahan makanan tersebut.

Baca Juga: 11 Gejala Zat Lilin di Darah alias Kolesterol dalam Tubuh Tinggi

10. Ceri

Ceri mengandung potasium dan antioksidan, yang mendukung sistem kekebalan tubuh serta termasuk buah untuk penderita diabetes.

Satu mangkuk ceri mengandung: 

  • Karbohidrat: 22,1 gram, di mana 17,7 gram adalah gula
  • Kalori: 86,9
  • Serat: 2,9 gram
  • Vitamin B, C, dan K

11. Aprikot 

Aprikot memiliki kandungan fiber dan karotenoid yang tinggi. Kandungan tersebut membuat buah aprikot dapat digunakan sebagai antioksidan pencegah penyakit diabetes, pereda diare atau konstipasi, membantu detoksifikasi, dan regenerasi cairan tubuh.

Aprikot dapat dimakan langsung maupun dikonsumsi setelah dikeringkan. 

Aprikot direkomendasikan juga untuk dikonsumsi oleh meraka yang menderita ginjal lithiasis, lithiasis empedu, kekurangan vitamin A, wanita hamil, orang tua, atau remaja. 

Dalam 100 gram buah aprikot mentah, dapat terkandung energi sebesar 201 kJ (48 kilo kalori), karbohidrat 11 gram, gula 9 gram, diet serat 2 gram, lemak 0,4 gram, protein 1,4 gram, vitamin A setara 96 mg, betakaroten 1.094 mg, vitamin C 10 mg, dan zat besi 0,4 mg. 

Demikian sejumlah buah yang baik untuk penderita diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×