10 Rahasia Menurunkan Berat Badan dalam 2 Minggu

Kamis, 01 September 2022 | 14:56 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
10 Rahasia Menurunkan Berat Badan dalam 2 Minggu

ILUSTRASI. Menurunkan berat badan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berat badan ideal bisa menjauhkan Anda dari risiko berbagai penyakit kronis. Ini 10 rahasia menurunkan berat badan kurang dari 2 minggu. 

Menurunkan berat badan tidaklah mudah bagi sebagian orang. Memang, Anda dan semua orang harus memiliki niat, usaha keras, dan kesabaran saat ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga: Sayur-Mayur yang Bikin Asam Urat Minta Ampun

Kadang, beberapa orang melakukan langkah ekstrim untuk menurunkan berat badan. Alhasil, sebagian dari mereka merasa putus asa saat berat badan tak kunjung turun. 

Menurunkan berat badan tidak cukup hanya dengan melakukan diet, Anda harus olahraga secara rutin, dan juga menjalankan gaya hidup sehat. 

Kombinasi ketiga hal tersebut bisa membuat Anda berhasil menurunkan berat badan dengan sehat. 

Berikut 10 rahasia menurunkan berat badan kurang dari 2 minggu yang bisa Anda coba ikuti: 

1. Memulai hari dengan olahraga 

Mengutip dari FOOD NDTV, penelitian menunjukkan orang yang olahraga di pagi hari relatif lebih ramping dan sehat dibandingkan mereka yang olahraga di siang hari. 

Olahraga pagi bisa membuat hormon dan energi yang positif sepanjang hari. 

2. Menimbang berat badan secara berkala 

Anda sebaiknya jangan menimbang setiap hari. Sebab, menimbang berat badan setiap hari bisa menurunkan motivasi dan membuat panik. 

Selain itu, timbangan bisa menipu karena mengabaikan fakta bahwa Anda mungkin menambah berat otot. 

Anda sebaiknya menimbang berat badan satu minggu sekali saat pagi hari. 

3. Bawa camilan sendiri 

Anda sebaiknya membawa makanan ringan alias camilan sendiri ke tempat kerja atau saat di perjalanan. 

Anda bisa membawa kacang-kacangan, biji-bijian, buah, yogurt tawar, kecambah, cokelat hitam, dan makanan sehat lainnya sebagai bekal camilan. 

Makanan tersebut lebih baik dan sehat daripada Anda membeli makanan ringan di toko ritel modern. 

4. Makan apel 

Bila Anda merasa tidak cukup hanya dengan makan satu buah apel, itu bukan berarti Anda lapar tapi hanya bosan. 

Anda bisa mengonsumsi apel dan melakukan kegiatan yang disukai misalnya bernyanyi atau membaca buku. 

5. Makan di rumah 

Selama 10 hari kedepan Anda usahakan makan di rumah. Hal ini bisa memberikan Anda kendali penuh atas bahan-bahan makanan yang dikonsumsi. 

Anda bisa menghilangkan semua makanan yang mengandung lemak dan lainnya. 

6. Minum air putih cukup 

Sebuah penelitian menunjukkan 14 laki-laki dan perempuan meningkatkan tingkat metabolisme mereka sebesar 30% hanya dengan meningkatkan asupan air setiap hari. 

7. Makan secara perlahan 

Anda bisa mencoba untuk makan secara perlahan. Anda akan terkejut melihat porsi Anda berkurang saat makan. 

Makan secara perlahan membuat tubuh bisa menyerap dan mencerna makanan secara optimal. 

8. Konsumsi protein 

Anda sebaiknya meningkatkan asupan protein. Sebab protein bisa membantu membakar lemak dan membangun otot. 

Selain itu, protein menbuat Anda merasa kenyang. Alasannya, protein dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lama. 

9. Jangan menyimpan makanan tidak sehat di rumah 

Anda sebaiknya tidak menyimpan makanan tidak sehat di rumah. Hal ini bertujuan agar Anda tidak tergoda mengonsumsi makanan tersebut. 

10. Berpikir tentang berat badan ideal 

Anda bisa mencoba untuk membayangkan memiliki berat badan yang ideal dan memakai baju impian dengan sempurna. 

Hal ini bisa memberikan motivasi Anda untuk menurunkan berat badan. 

Baca Juga: Teh Susu, Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru