kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Manfaat Selada Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang


Kamis, 20 Oktober 2022 / 15:20 WIB
10 Manfaat Selada Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang
ILUSTRASI. Manfaat selada untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa manfata selada untuk kesehatan yang masih terbilang jarang diketahui. Padahal, mengkonsumsi selada mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya dijadikan lalapan, selada juga sering dijadikan bahan berbagai macam makanan khas Indonesia, salah satunya gado-gado.

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa selada mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut didapatkan karena selada mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan yang Penting Untuk Diketahui

Nutrisi yang terkandung dalam selada di antaranya seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B-6, vitamin E, kalsium, magnesium, fosfor, zinc dan masih banyak lagi kandungan lainnya. 

Lalu apa saja manfaat selada untuk kesehatan? 

Melansir dari Lybrate, berikut manfaat selada untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

1. Mengatasi Insomnia

Mengkonsumsi selada dipercaya bermanfaat bagi penderita insomnia. Pasalnya, selada mengandung senyawa yang mampu menenagkan dan merangsan tidur tetapi tidak memiliki efek samping. Jika Anda sulit tidur, Anda bisa mencoba mengonsumsi beberapa lembar daun selada.

2. Melawan Radikal Bebas

Selada memiliki antioksidan yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh kita yang terbentuk karena metabolisme sel. Radikal ini cenderung merusak jaringan dan sel sehat. Untuk itu, antioksidan dalam selada mempunyai manfaat yang dapat melindungi tubuh dari radikal tersebut.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang, Simak!

3. Mencegah Penyebaran Sel Kanker

Ekstrak daun selada mempunyai manfaat yang dapat mencegah penyebaran sel leukemia dan sel kanker payudara. Selada juga mengandung flavonoid yang membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut. Jadi memasukkan selada dalam diet Anda dapat membantu melawan berbagai jenis kanker.

4. Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Selada mempunyai peran dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Sangat penting bahwa tubuh kita benar memetabolisme makanan yang kita konsumsi. Jika tidak, tubuh mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Karena adanya zat besi, magnesium dan potasium yang terkandung dalamselada membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh Anda. Selada juga mengandung Vitamin B kompleks yang membantu metabolisme.

Baca Juga: 5 Manfaat Terong Untuk Kesehatan yang Menarik Untuk Diketahui, Catat!

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Selada juga mempunyai manfaat yang mampu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, mengkonsumsi selada juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Pasalnya, selada mengandung vitamin C dan beta karoten yang dapat membantu mencegah pembentukan dinding atau plak yang dapat memutus aliran darah.

6. Mencegah Kerusakan Saraf 

Selada juga bermanfaat untuk mencegah rusaknya sel saraf dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan selada berperan penting jika tubuh kekursngan glukosa atau serum yang membantu mencegah kematian sel neuron.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

7. Memliki Sifat Antimikroba

Selada memiliki sifat antimikroba dan bermanfaat membantu melawan mikroba berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Ini karena adanya terpen dan kardenolida yang berfungsi untuk mempertahankan tubuh kita dari mikroba jahat.

8. Mengendalikan Kecemasan

Manfaat selanjutnya, selada dipercaya mampu mengendalikan kecemasan. Pasalnya, Selada memiliki sifat ansiolitik yang membantu mengendalikan kecemasan. Selada juga memiliki peran dalam proses kesehatan saraf sehingga membantu mengatasi masalah mental seperti depresi.

9. Membantu Menghilangkan Racun

Selada mengandung cukup banyak mineral yang mampu membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hal tersebut juga membantu keseimbangan asam dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

10. Memiliki Sifat Antiinflamasi

Ekstrak selada memiliki sifat antiinflamasi karena adanya biokatalis seperti lipoxygenase dan karagenan. Dengan demikian selada mempunyai manfaat yang untuk mencegah berbagai penyakit akibat peradangan. Dengan begitu, selada sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai salah satu makanan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×