kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​10 Manfaat omega 3 untuk kesehatan yang tidak boleh dilewatkan


Jumat, 30 April 2021 / 10:03 WIB
​10 Manfaat omega 3 untuk kesehatan yang tidak boleh dilewatkan
ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat omega 3 pada minyak ikan. /Pho carel Agus Waluyo/15/03/05/KONTAN/Difile oleh Carel. OBAT


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Manfaat omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan menjadikannya salah satu suplemen makanan yang paling umum dikonsumsi. 

Minyak ikan adalah lemak atau minyak yang diekstrak dari ikan. Di antaranya adalah ikan herring, tuna, teri, mackerel, dan ikan kod.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan makan 1-2 porsi ikan per minggu. Pasalnya, terdapat banyak manfaat omega 3 bagi kesehatan, termasuk perlindungan terhadap sejumlah penyakit.

Namun, jika seseorang tidak makan 1-2 porsi ikan per minggu, suplemen minyak ikan dapat membantu tubuh mendapatkan cukup omega-3. Sekitar 30% minyak ikan terdiri dari omega 3, sedangkan 70% sisanya terdiri dari lemak lainnya. Selain itu, minyak ikan biasanya mengandung beberapa vitamin A dan D.

Penting untuk dicatat bahwa manfaat omega 3 yang ditemukan dalam minyak ikan untuk kesehatan lebih besar daripada omega 3 yang ditemukan di beberapa sumber protein nabati.

Omega 3 utama dalam minyak ikan adalah asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), sedangkan omega 3 dalam sumber nabati terutama asam alfa-linolenat (ALA).

Baca Juga: 7 Makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan empedu

10 Manfaat omega 3 untuk kesehatan 

Dikutip dari laman Healthline, berikut 10 manfaat omega 3 untuk kesehatan: 

1. Mendukung kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan banyak ikan yang mengandung omega 3 dapat mengurangi beberapa risiko yang terkait dengan penyakit jantung. 

2. Membantu mengobati gangguan mental tertentu

Manfaat omega 3 sangat penting untuk mendukung fungsi otak secara normal. Sebab, otak terdiri dari hampir 60% lemak, dan sebagian besar lemak ini adalah asam lemak omega-3.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gangguan mental tertentu memiliki kadar omega-3 yang lebih rendah dalam darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat mencegah timbulnya atau memperbaiki gejala beberapa gangguan mental.

3. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat omega 3 untuk diet adalah dapat mengurangi lingkar pinggang atau rasio pinggang-panggul. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan yang dikombinasikan dengan diet atau olahraga, dapat membantu menurunkan berat badan. 

Baca Juga: Cara menghilangkan lemak di perut agar pinggul tampak lebih langsing

4. Mengurangi peradangan

Minyak ikan yang mengandung omega 3 memiliki efek antiinflamasi yang kuat serta dapat membantu mengurangi gejala peradangan, terutama reumatoid radang sendi.

5. Mendukung kesehatan kulit

Kulit bisa rusak karena penuaan atau juga banyak paparan sinar matahari. Namun, manfaat omega 3 dalam minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan kulit. 

6. Penting untuk perkembangan bayi

Manfaat omega 3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mendapatkan cukup omega 3 selama kehamilan dan saat menyusui.

Suplemen minyak ikan pada ibu hamil dan menyusui dapat meningkatkan koordinasi tangan-mata pada bayi. Mengonsumsi suplemen minyak ikan selama kehamilan dan menyusui juga dapat meningkatkan perkembangan visual bayi dan membantu mengurangi risiko alergi.

Baca Juga: 8 Manfaat kacang almond untuk kesehatan, termasuk penurun berat badan

7. Dapat mengurangi lemak hati

Hati memproses sebagian besar lemak di tubuh dan dapat berperan dalam penambahan berat badan. 

Suplemen minyak ikan dapat meningkatkan fungsi hati dan peradangan, yang dapat membantu mengurangi gejala penyakit hati lemak non-alkoholik (NAFLD) dan jumlah lemak di hati. 

8. Membantu mengurangi hiperaktif pada anak 

Manfaat omega 3 untuk anak dapat membantu mengurangi hiperaktif, kurang perhatian, dan perilaku negatif lainnya.

9. Meringankan gejala asma dan risiko alergi

Asupan ikan dan minyak ikan yang lebih tinggi selama kehamilan dapat mengurangi risiko asma dan alergi pada masa kanak-kanak.

10. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat omega 3 yakni dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membantu mencegah penyakit tulang. 

Selanjutnya: Ingin berat badan turun dengan cepat? Lakukan 3 hal berikut ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×