CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.396.000   10.000   0,72%
  • USD/IDR 16.295
  • IDX 7.288   47,89   0,66%
  • KOMPAS100 1.141   4,85   0,43%
  • LQ45 920   4,23   0,46%
  • ISSI 218   1,27   0,58%
  • IDX30 460   1,81   0,40%
  • IDXHIDIV20 553   3,30   0,60%
  • IDX80 128   0,57   0,44%
  • IDXV30 130   1,52   1,18%
  • IDXQ30 155   0,78   0,50%

10 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui


Rabu, 11 Oktober 2023 / 09:10 WIB
10 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat buah alpukat untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui. Tidak berhenti disitu, manfaat buah alpukat juga telah terbukti secara klinis.

Buah alpukat (Persea americana) adalah salah satu buah yang semakin populer dalam makanan sehari-hari. Selain memiliki rasa yang lezat dan krimi, alpukat juga dikenal karena sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Buah ini kaya akan nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Merangkum dari Medical News Today, berikut beragam manfaat buah alpukat untuk kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi

Buah alpukat adalah sumber nutrisi yang sangat baik. Mereka mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin K, vitamin E, vitamin C, vitamin B6, folat, kalium, dan riboflavin. Nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, kulit, sistem imun, dan fungsi seluruh tubuh.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kulit Sawo Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Mengandung Lemak Sehat

Alpukat mengandung jenis lemak sehat yang dikenal sebagai lemak tak jenuh tunggal, terutama asam oleat. Lemak ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Kandungan kalium yang tinggi membantu menjaga tekanan darah yang sehat, sementara lemak sehatnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

4. Menyediakan Serat yang Tinggi

Alpukat adalah sumber serat yang baik. Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat, mengurangi risiko sembelit, dan menjaga berat badan yang seimbang. Serat juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes.

5. Mendukung Penglihatan yang Sehat

Alpukat mengandung lutein dan zeaksantin, dua senyawa yang penting untuk kesehatan mata. Kedua senyawa ini dapat melindungi mata Anda dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan yang Luar Biasa dan Menarik Diketahui

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun mengandung lemak yang sehat, alpukat dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi membuat Anda merasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Selain itu, lemak dalam alpukat memberikan rasa kenyang yang berkepanjangan.

7. Antiinflamasi Alami

Alpukat mengandung senyawa antiinflamasi, seperti fitosterol dan polifenol, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat mengurangi risiko penyakit kronis yang terkait dengan peradangan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan arthritis.

Baca Juga: Simak Obat Mabuk Perjalanan, Gejala dan Penyebab yang Penting Diketahui

8. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan folat dalam alpukat sangat penting untuk perkembangan otak yang sehat, terutama pada masa kehamilan. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal dapat mendukung kesehatan otak dan memperbaiki fungsi kognitif.

9. Merawat Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin E dan C dalam alpukat membuatnya bermanfaat untuk kulit dan rambut yang sehat. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, sedangkan vitamin C membantu dalam pembentukan kolagen yang diperlukan untuk kulit dan rambut yang sehat.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Mangga Muda Untuk Kesehatan Anda, Catat Ya!

10. Menyediakan Energi Berkelanjutan

Alpukat adalah sumber energi yang baik berkat kandungan lemak dan karbohidratnya yang seimbang. Lemak tak jenuh tunggalnya memberikan energi yang bertahan lama, membuat Anda merasa kenyang dan bertenaga sepanjang hari.

Dengan manfaat kesehatan yang beragam ini, tidak mengherankan jika buah alpukat semakin populer dalam makanan sehari-hari. Namun, seperti halnya semua makanan, konsumsilah alpukat dengan bijak sebagai bagian dari pola makan yang seimbang. Jangan ragu untuk menambahkannya ke dalam salad, smoothie, atau bahkan sebagai pengganti mentega di roti panggang Anda untuk memanfaatkan semua manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah alpukat yang lezat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligence with Ms Excel Sales for Non-Sales (Sales for Non-Sales Bukan Orang Sales, Bisa Menjual?)

[X]
×