10 Makanan Penurun Kolesterol Jahat, Perhatikan Tanda-Tanda kolesterol tinggi

Jumat, 14 Oktober 2022 | 04:55 WIB   Reporter: Adi Wikanto
10 Makanan Penurun Kolesterol Jahat, Perhatikan Tanda-Tanda kolesterol tinggi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada berbagai cara menurunkan kolesterol tinggi. Selain dengan obat, ada juga bahan makanan yang bermanfaat sebagai penurun kolesterol tinggi yang jahat untuk kesehatan. Anda juga perlu mengenali tanda-tanda kolesterol naik jika ingin menurunkannya.

Makanan penurun kolesterol tinggi bisa menjadi alternatif selain obat dokter. Anda bisa langsung konsumsi makanan penurun kolesterol jahat jika melihat tanda-tanda kolesterol tinggi.

Tanda-tanda kolesterol tinggi harus diwaspadai. Pasalnya, penumpukan kolesterol jahat bisa mengundang penyakit berbahaya seperti jantung.

Namun, makanan penurun kolesterol jahat harus dikonsumsi secara rutin agar memberikan manfaat optimal. Selain itu, Anda juga harus menjalankan gaya hidup sehat dan mengurangi konsumsi goreng-gorengan untuk mencegah kolesterol naik.

Baca Juga: Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi dan Ciri-Ciri Kolesterol Naik Yang Harus Dikenali

Makanan penurun kolesterol jahat

Merangkum pemberitaan Kompas.com, berikut daftar makanan penurun kolesterol tinggi:

1. Kacang-kacangan

Makanan penurun kolesterol yang pertama adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti kenari, kacang tanah, walnut, dan almond adalah jenis makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Dilansir dari Live Strong, kacang-kacangan mengandung asam lemak sehat tak jenuh ganda dan tunggal. Selain itu, kacang-kacangan juga memasok vitamin, serat, antioksidan, dan asam lemak omega-3.

2. Gandum utuh

Makanan penurun kolesterol yang kedua adalah gandum utuh. Oat dari gandum utuh termasuk oatmeal, tepung oat, dan bubuk oat juga termasuk makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Menurut Harvard Health Publishing, oat mengandung serat larut jenis beta-glukan yang bisa menjaga kesehatan metabolisme tubuh. Berdasarkan hasil studi yang mengamati populasi minim kasus penyakit jantung koroner, ternyata warga setempat rajin makan asupan kaya serat seperti buah, sayur, dan produk gandum utuh.

3. Alpukat

Makanan penurun kolesterol yang ketiga adalah buah alpukat. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, dan nutrisi fitosterol serta polifenol. Menurut penelitian pada 2015, orang yang rutin diet makan satu buah alpukat setiap hari, kadar kolesterol jahat (LDL) cenderung rendah.

4. Kedelai

Makanan penurun kolesterol tinggi lainnya yakni produk kedelai seperti edamame, tahu, tempe, atau susu kedelai. Kedelai termasuk protein nabati berkualitas tinggi yang mengandung antioksidan, serat, dan estrogen. Menurut studi yang diterbitkan di jurnal Nutrients, mengonsumsi kedelai dari 10 ons tahu dan setengah cangkir susu kedelai bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sampai lima persen.

5. Buah beri

Makanan penurun kolesterol yang kelima adalah buah beri. Buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, rasberi, dll termasuk makanan penurun kolesterol tinggi. Tak hanya menurunkan kolesterol jahat, makan buah beri juga bisa menurunkan gula darah.

Meskipun memiliki rasa yang manis, buah beri termasuk asupan dengan kandungan indeks glikemik rendah. Buah kaya serat ini bisa dicerna perlahan oleh tubuh dan tidak membuat gula darah melonjak.

6. Cokelat

Cokelat termasuk makanan penurun kadar kolesterol tinggi. Kandungan zat antioksidan dan antiinflamasi dalam cokelat terkait dengan penurunan kolesterol jahat. Namun, Anda perlu mempertimbangkan jenis makanan ini apabila sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, makanan ini tergolong tinggi kalori.

7. Apel, anggur, jeruk

Makanan penurun kolesterol yang ketujuh adalah buah apel, anggur, dan jeruk. Dilansir dari Healthline, sejumlah buah seperti apel, anggur, dan jeruk mengandung banyak serat larut jenis pektin yang membantu menurunkan kolesterol jahat.

Zat yang terkandung dalam buah-buahan tersebut mendorong tubuh untuk menyingkirkan kolesterol, sekaligus mengontrol hati agar tidak memproduksi kolesterol.

8. Bawang putih

Makanan penurun kolesterol yang kedelapan adalah bawang putih. Bawang putih telah ribuan tahun digunakan sebagai bahan masakan dan obat herbal. Bawang putih mengandung senyawa alicin yang bisa membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Selain itu, bawang putih juga berpotensi membantu menurunkan kolesterol jahat dan total. 

9. Sayuran berdaun hijau

Makanan penurun kolesterol yang kesembilan adalah sayuran daun hijau. Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, sawi, dll. termasuk jenis makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Sayuran berdaun hijau bisa menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak kolesterol. Kandungan zat lutein dalam sayuran berdaun hijau juga terbukti bisa mencegah terbentuknya plak di dinding pembuluh darah arteri.

10. Ikan berlemak

Makanan penurun kolesterol yang ke-10 adalah ikan berlemak. Makan ikan berlemak seperti salmon dan mackerel sebanyak dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

Ikan berlemak mengandung omega-3 yang baik untuk melancarkan aliran darah dan melindungi kesehatan jantung. Hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga pola makan bagi penderita kolesterol tinggi adalah menjaga keragaman asupan. Makan beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kolesterol di atas lebih efektif ketimbang hanya mengonsumsi satu atau dua jenis asupan saja.

Baca Juga: Bikin Kolesterol Minta Ampun, Ini Manfaat Air Mentimun untuk Kesehatan

Tanda-tanda kolesterol tinggi

Setelah mengetahui obat-obatan penyebab kolesterol meningkat, Anda juga perlu mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi. Tanda-tanda kolesterol tinggi penting dikenali agar bisa segera mengatasi dengan benar.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut tanda-tanda kolesterol tinggi yang harus diwaspadai:

Nafsu Makan Turun

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang pertama adalah nafsu makan turun. Ada banyak kondisi yang ditandai dengan nafsu makan yang turun. Artinya, Anda tidak boleh mengabaikan kondisi tersebut.

Bisa jadi nafsu makan yang turun jadi salah satu tanda-tanda kolesterol tinggi yang Anda alami. Jika hal nafsu makan turun dalam jangka waktu lama, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Benjolan di Sekitar Mata

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang kedua adalah benjolan di sekitar mata. Mengutip dari Healthy-Ojas (healthy-ojas.com), munculnya benjolan di sekitar mata jadi salah satu gejala kolesterol tinggi yang sering terjadi.

Benjolan itu merupakan kelebihan kolesterol yang berada di bawah permukaan kulit. Umumnya, benjolan tersebut berwarna kuning dan tidak terasa sakit.

Berat Badan Bertambah

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang ketiga adalah berat badan bertambah. Healthy-Ojas mengatakan bahwa berat badan bertambah jadi ciri-ciri kolesterol berikutnya yang dialami oleh banyak orang. Salah satu faktor yang mengakibatkan hal tersebut adalah hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah kondisi di mana hormon tiroid terlalu sedikit.

Tak hanya tiroidisme, peradangan dalam tubuh juga mengakibatkan jumlah kolesterol meningkat. Beberapa faktor yang menyebabkan peradangan dalam tubuh Anda adalah stres, kurang tidur, hingga depresi.

Sering Mengantuk

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang keempat adalah sering mengantuk. Anda perlu waspada jika sering mengantuk meski waktu tidur di malam hari sudah tercukupi.

Penumpukan kolesterol bisa menghambat aliran darah. Akibatnya, distribusi oksigen di bagian otak menjadi tak maksimal sehingga Anda pun lebih mudah merasakan kantuk.

Depresi

Tahukah Anda bawa depresi termasuk salah satu tanda-tanda kolesterol tinggi? Kandungan kolesterol dalam otak mencapai 25%. Jika jumlahnya kolesterol jahat terlalu tinggi, kemampuan otak untuk mengatur emosi menjadi terganggu.

Hal itulah yang membuat Anda mengalami depresi. Selain itu, risiko kehilangan memori dan penyakit alzheimer pun dapat meningkat saat jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda terlalu tinggi, sedangkan jumlah kolesterol baik terlalu sedikit.

Itulah berbagai makanan penurun kolesterol jahat dan tanda-tanda kolesterol tinggi. Ingat, kurangi konsumsi gorengan, seafood dan jeroan untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru