Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi dan Ciri-Ciri Kolesterol Naik Yang Harus Dikenali

Kamis, 13 Oktober 2022 | 04:55 WIB Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com
Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi dan Ciri-Ciri Kolesterol Naik Yang Harus Dikenali


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak sejumlah sayuran penurun kolesterol tinggi. Kenali juga ciri-ciri kolesterol tinggi agar bisa langsung mengambil tindakan untuk menurunkannya.

Ada berbagai obat alami dari sayuran sebagai penurun kolesterol tinggi. Sayuran penurun kolesterol tinggi ini bisa menjadi alternatif selain obat dokter / apotek.

Sayuran penurun kolesterol tinggi bisa langsung dikonsumsi jika Anda merasakan atau mengalami ciri-ciri kolesterol tinggi dalam tubuh. Dengan demikian, kolesterol tinggi bisa langsung diturunkan tanpa berlama-lama.

Kolesterol tinggi harus segera diatasi setelah Anda mengalami ciri-ciri. Pasalnya, kolesterol tinggi bisa menyebabkan sakit jantung, darah tinggi, dll.

Asal tahu saja, Kementerian Kesehatan menyebutkan jumlah kolesterol normal berada di angka 200-239 mg/dl. Jika Anda memiliki jumlah kolesterol yang tidak berada jauh di angka itu, kondisi Anda masih bisa dikatakan normal. Namun, jika jumlahnya jauh melampaui angka tersebut, Anda bisa konsumsi sayuran penurun kolesterol tinggi.

Baca Juga: Daftar Buah untuk Membantu Menurunkan Kolesterol, Konsumsi Secara Rutin

Sayuran penurun kolesterol tinggi

Dirangkum dari pemberitaan Kompas.com, daftar sayuran penurun kolesterol tinggi antara lain:

1. Bayam

Sayuran penurun kolesterol tinggi yang pertama adalah bayam. Sayuran hijau gelap, seperti bayam, dinilai paling efektif dalam menurunkan kolesterol.

Tak hanya itu saja, salah satu sayuran penurun kolesterol ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal itu dikarenakan kandungan lutein dan karotenoid dalam bayam yang menjadi peran penting dalam menyingkirkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

2. Tomat

Sayuran penurun kolesterol tinggi yang kedua adalah tomat. Selain dikenal membantu melawan kanker, tomat juga dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal itu karena tomat mengandung likopen, yaitu antioksidan yang memberi warna merah pada tomat.

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg dapat membantu menurunkan low-density lipoprotein cholesterol (LDL) atau dikenal sebagai kolesterol jahat sebanyak 10 persen.

3. Terong

Sayuran penurun kolesterol tinggi yang ketiga adalah terong. Salah satu manfaat terong yaitu membantu menurunkan kolesterol jahat.

Tidak hanya itu saja, mengonsumsi sayur yang dapat ditemukan dengan mudah ini juga bermanfaat meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan gula darah.

4. Bawang putih

Sayuran penurun kolesterol tinggi yang keempat adalah bawang putih. Bumbu dapur bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Sebuah studi mengemukakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat, akan tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut perihal ini.

Makanan lain penurun kolesterol

Selain sayuran, ada juga beragam makanan penurun kolesterol tinggi. Makanan penurun kolesterol tinggi antara lain gandum, kacang-kacangan, buah apel, anggur, stroberi, ikan.

Selain itu, untuk menurunkan kolesterol tinggi, Anda harus ubah gaya hidup. Jalangkan gaya hidup sehat seperti rutin olahraga, tidur cukup dan kurangi konsumsi goreng-gorengan.

Ciri-ciri kolesterol tinggi

Sebelum memicu penyakit berbahaya, penting untuk mengenali ciri-ciri kolesterol tinggi. Berikut ciri-ciri kolesterol tinggi yang dilansir dari Kompas.com:

Nafsu makan turun

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang pertama adalah nafsu makan turun. Ada banyak kondisi yang ditandai dengan nafsu makan yang turun. Artinya, Anda tidak boleh mengabaikan kondisi tersebut.

Bisa jadi nafsu makan yang turun jadi salah satu ciri-ciri kolesterol yang Anda alami. Jika hal nafsu makan turun dalam jangka waktu lama, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Benjolan di sekitar mata

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang kedua adalah munculnya benjolan di sekitar mata. Mengutip dari Healthy-Ojas, munculnya benjolan di sekitar mata jadi salah satu gejala kolesterol tinggi yang sering terjadi. Benjolan itu merupakan kelebihan kolesterol yang berada di bawah permukaan kulit. Umumnya, benjolan tersebut berwarna kuning dan tidak terasa sakit.

Berat badan bertambah

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang ketiga adalah berat badan bertambah. Menurut Healthy-Ojas, berat badan bertambah jadi ciri-ciri kolesterol berikutnya yang dialami oleh banyak orang. Salah satu faktor yang mengakibatkan hal tersebut adalah hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah kondisi di mana hormon tiroid terlalu sedikit.

Tak hanya tiroidisme, peradangan dalam tubuh juga mengakibatkan jumlah kolesterol meningkat. Beberapa faktor yang menyebabkan peradangan dalam tubuh Anda adalah stres, kurang tidur, hingga depresi.

Baca Juga: Tanda-tanda Anda terlalu banyak minum air putih, salah satunya sakit kepala

Sering mengantuk

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang keempat adalah sering mengantuk tanpa sebab. Anda perlu waspada jika sering mengantuk meski waktu tidur di malam hari sudah tercukupi.

Penumpukan kolesterol bisa menghambat aliran darah. Akibatnya, distribusi oksigen di bagian otak menjadi tak maksimal sehingga Anda pun lebih mudah merasakan kantuk.

Itulah daftar sayuran penurun kolesterol tinggi dan ciri-ciri kolesterol tinggi yang harus diwaspadai. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru