10 Ciri-Ciri Diabetes yang Sering Terjadi Pada Wanita & Pria, Cek Juga cara Mencegah

Jumat, 11 November 2022 | 04:55 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian
10 Ciri-Ciri Diabetes yang Sering Terjadi Pada Wanita & Pria, Cek Juga cara Mencegah


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Menjelang peringatan Hari Diabetes Sedunia, para ahli mengingatkan setiap orang mewaspadai ciri-ciri diabetes pada wanita maupun pria. Selain itu, kenali juga cara mencegah diabetes sejak dini.

Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November. Hari Diabetes Sedunia bertepatan dengan kelahiran Sir Federick Banting  yang merupakan penemu insulin. 

Pencetusan Hari Diabetes Dunia pertama kali pada 1991 dilakukan oleh International Diabetes Federation (IDF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebagai tanggapan atas keprihatinan yang berkembang mengenai meningkatnya ancaman kesehatan akibat diabetes.

Mengenali ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria bisa mencegah komplikasi penyakit akibat gangguan kesehatan. Apalagi, jumlah penderita diabetes di Indonesia semakin banyak.

Baca Juga: 9 Gejala Diabetes yang Sering Tidak Disadari, Kenali Sebelum Terlambat

Hal itu disampaikan Sekretaris Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Dr. dr. Wismandari, Sp.PD-KEMD dalam konferensi pers virtual "World Diabetes Day 2022", Rabu (9/11/2022). "Data dalam negeri dari Riskesdas, 2007 (jumlah penderita diabetes) kita 'cuman' 5,7 juta," kata dr. Wismandari dilansir dari Kompas.com.

"Kemudian naik di 2013 jadi 6,9 juta, tapi di 2018 kita naiknya dahsyat sampai 10,9 juta," lanjutnya.

Ciri-ciria diabetes pada wanita dan pria

Mengingat setiap orang berisiko terkena diabetes seiring pertambahan usia, pencegahan secara dini dibutuhkan supaya mereka terhindari dari penyakit berbahaya ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengetahui beberapa ciri-ciri yang mengindikasikan orang berisiko mengalami diabetes.

dr. Wismandari menjelaskan, diabetes adalah penyakit yang belum bisa disembuhkan hingga hari ini. Diabetes disebabkan oleh kerja insulin yang tidak baik (resisten) atau kadar insulin yang kurang (defisiensi).

Insulin adalah hormon dalam tubuh yang mengatur kadar gula darah dan dikeluarkan oleh kelenjar pankreas. "Diabetes adalah penyakit menahun (kronis) berupa gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal," kata dr. Wismandari.

Selain pengaruh insulin dalam tubuh, ia menambahkan bahwa terjadinya diabetes berkaitan dengan faktor keturunan dan pola hidup sedenter. Wismandari menerangkan, orang yang pola hidupnya sedenter biasanya kurang berolahraga dan diet yang tinggi lemak.

Dari beberapa penyebab yang sudah disebutkan, diabetes dapat menimbulkan 10 ciri-ciri. Berikut ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria yang sering terjadi sehari-hari:

  • Mudah kelelahan
  • Sering buang air kecil
  • Berat badan turun drastis
  • Penyembuhan luka lama
  • Gairah seksual melemah
  • Sering masa lapar
  • Pandangan kabur
  • Kesemutan atau mati rasa
  • Rasa haus berlebihan
  • Infeksi vagina.

 

Jika mengalami ciri-ciri diabetes di atas, baik pria dan wanita harus segera menghubungi layanan kesehatan. Setelah melihat ciri-ciri diabetes tersebut, pria dan wanita harus menjalani tes darah untuk memastikannya.

Cara mencegah diabetes

Setiap orang, baik pria dan wanita perlu mengetahui cara mencegah diabetes. Pasalnya, penyakit diabetes belum ada obatnya.

Dilansir dari Healthline dan Health Focus, inilah beberapa cara mudah mencegah diabetes sejak dini: 

1. Selektif memilih makanan

Cara mudah mencegah diabetes sejak dini yang pertama adalah selektif memilih makanan. Tak ada salahnya untuk memakan makanan favorit namun Anda mesti selektif dalam memilih ya.

Anda mesti membicarakan dengan dokter tentang menu makanan yang cocok jika Anda sedang diet diabetes. 

2. Air putih sebagai minuman utama

Cara mudah mencegah diabetes sejak dini yang kedua adalah menjadikan air putih sebagai minuman utama. Hal ini akan membantu Anda mengurangi asupan gula harian.

Minuman manis seperti soda dan jus buah manis dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2 dan diabetes autoimun pada orang dewasa.

3. Olahraga teratur

Cara mudah mencegah diabetes sejak dini yang ketiga adalah olahraga dengan teratur. Olahraga tidak hanya dibutuhkan pengidap diabetes saja tetapi juga semua orang.

Untuk mencegah diabetes, sebaiknya berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit sehari dan jadikan olahraga sebagi kebutuhan.

Itulah berbagai ciri-ciri diabetes pada wanita dan pria beserta cara mencegah sejak dini. Mari menjalankan pola hidup sehat untuk mencegah diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru