kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Camilan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Nutrisi Penting Terpenuhi


Senin, 28 Agustus 2023 / 10:48 WIB
10 Camilan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Nutrisi Penting Terpenuhi
ILUSTRASI. 10 Camilan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Nutrisi Penting Terpenuhi


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar camilan sehat untuk ibu hamil yang wajib dicoba. Konsumsi makanan sehat tentu wajib bagi ibu yang sedang mengandung janin.

Camilan sehat sangat penting selama kehamilan untuk memberikan energi tambahan dan nutrisi yang diperlukan bagi pertumbuhan janin. Berikut adalah beberapa pilihan camilan sehat yang dapat menjadi pilihan untuk ibu hamil.

Banyak wanita khawatir tentang apa yang harus dan tidak boleh dimakan selama kehamilan. Secara umum, pedoman pola makan sehat selama kehamilan hampir sama dengan sebelum Anda hamil. 

Ibu hamil memerlukan nutrisi yang cukup dan seimbang untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, menjaga kesehatan ibu, serta mengatasi kebutuhan tambahan selama kehamilan.

Baca Juga: 9 Makanan & Minuman Pantangan Bagi Penderita Gula Darah Tinggi

Smoothies

Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi penting yang cocok untuk ibu hamil dilansir dari Emma's Diary:

  • Asam Folat (Folate): Penting untuk pertumbuhan sel dan perkembangan sistem saraf janin. Mencegah cacat tabung saraf pada janin. Ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, jeruk, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Zat Besi: Diperlukan untuk membawa oksigen ke sel-sel tubuh. Kebutuhan zat besi meningkat selama kehamilan untuk mencegah anemia. Sumbernya termasuk daging merah, hati, kacang-kacangan, dan produk biji-bijian yang diperkaya.
  • Kalsium: Mendukung perkembangan tulang dan gigi janin. Juga penting untuk kesehatan tulang ibu. Sumbernya meliputi produk susu rendah lemak, yogurt, dan sayuran hijau.
  • Protein: Memiliki peran dalam pembentukan jaringan dan organ janin. Sumber protein meliputi daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.
  • Vitamin D: Penting untuk penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Terutama jika Anda memiliki sedikit paparan sinar matahari, pertimbangkan suplemen vitamin D sesuai dengan saran dokter.
  • Vitamin C: Membantu penyerapan zat besi dan berperan dalam pertumbuhan jaringan. Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, dan tomat adalah sumber vitamin C.
  • Serat: Penting untuk pencernaan yang sehat dan mencegah sembelit. Sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan merupakan sumber serat.
  • Omega-3 Asam Lemak: Membantu perkembangan otak dan mata janin. Ikan berlemak seperti salmon dan sarden merupakan sumber omega-3.
  • Vitamin E: Dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Ditemukan dalam minyak nabati, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Kolin: Penting untuk perkembangan otak dan fungsi sel-sel tubuh. Telur dan kacang-kacangan adalah sumber kolin.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, sebagian besar wanita hamil membutuhkan antara 2.200 dan 2.900 kalori per hari. Seiring berkembangnya kehamilan, kebutuhan kalori Anda meningkat.

Selama trimester pertama, saat kenaikan berat badan paling lambat, biasanya Anda tidak perlu makan lebih banyak dari biasanya. Selama trimester kedua, Anda mungkin memerlukan tambahan 340 kalori per hari dan hingga 450 pada trimester ketiga.

Nah, Ada beberapa camilan sehat untuk ibu hamil yang wajib dicoba dan diketahui untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Camilan sehat untuk ibu hamil

Simak beberapa camilan sehat untuk ibu hamil yang mudah ditemui dilansri dari 

  1. Buah Segar: Buah-buahan segar seperti apel, pir, jeruk, mangga, dan buah beri adalah camilan yang kaya serat, vitamin, dan mineral.
  2. Sayuran dan Hummus: Irisan sayuran seperti wortel, mentimun, dan paprika dipadukan dengan hummus sebagai sumber serat dan protein.
  3. Yogurt Rendah Lemak: Yogurt rendah lemak mengandung kalsium dan protein. Anda dapat menambahkan buah segar atau madu untuk rasa tambahan.
  4. Kacang-Kacangan: Kacang-kacangan seperti almond, kenari, atau kacang tanah mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Namun, konsumsi dalam porsi yang wajar karena juga mengandung kalori.
  5. Popcorn: Popcorn alami tanpa terlalu banyak garam atau mentega dapat menjadi camilan rendah lemak dan serat.
  6. Sereal Biji-Bijian Utuh: Pilih sereal yang tinggi serat dan rendah gula. Tambahkan susu rendah lemak atau yogurt untuk nutrisi tambahan.
  7. Biskuit Gandum: Biscuit gandum utuh rendah gula dan tinggi serat bisa menjadi camilan yang memuaskan.
  8. Telur Rebus: Telur rebus adalah sumber protein yang baik dan juga mengandung nutrisi seperti kolin yang penting bagi perkembangan otak janin.
  9. Oatmeal: Oatmeal adalah camilan yang kaya serat dan memberikan energi yang tahan lama. Anda bisa menambahkan potongan buah dan madu untuk rasa.
  10. Smoothies: Buat smoothie dengan campuran buah-buahan, sayuran, yogurt rendah lemak, dan air atau susu. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan nutrisi dalam satu sajian.

Pastikan untuk menjaga pola makan yang seimbang dan beragam serta berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan bahwa kebutuhan nutrisi selama kehamilan tercukupi dengan baik.

Itulah informasi terkait beberapa camilan sehat untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi di antara waktu makan pagi hingga malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×