kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nadine Chandrawinata Memetik Banyak Hikmah di Balik Pandemi Corona


Sabtu, 12 Desember 2020 / 10:18 WIB
Nadine Chandrawinata Memetik Banyak Hikmah di Balik Pandemi Corona
ILUSTRASI. Ketimbang mengeluh, Nadine Chandrawinata mengambil sisi positif dari kewajiban untuk lebih banyak tinggal di rumah. /Dok. pribadi


Reporter: Anastasia Lilin Y | Editor: Anastasia Lilin Yuliantina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selalu ada berkah di balik musibah. Petuah bijak tersebut banyak dihidupi oleh Masyarakat Indonesia. Tak terkecuali seorang artis dan aktivis lingkungan Nadine Chandrawinata dalam menyikapi pandemi Virus Corona yang mengakibatkan penyakit Covid-19.

Efek pandemi Covid-19 benar-benar mengagetkan semua orang di seluruh dunia. Kebijakan penutupan wilayah alias lockdown dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Indonesia pada khusunya, tak hanya menutup keran ekonomi dan aktivitas masyarakat. Namun, bahaya stres karena terlalu lama berdiam diri di rumah juga mengintai.

Terus terang, Nadine juga sempat merasa jenuh pada awalnya. Namun ketimbang mengeluh, Puteri Indonesia 2005 tersebut memilih untuk mengambil sisi positif dari kewajiban untuk lebih banyak tinggal di rumah.

Tak cuma berusaha menyemangati diri sendiri, Nadine juga berusaha membangun lingkungan yang positif. "Saya sempat bikin challenge di inner circle saya dengan beberapa teman untuk bikin kegiatan menarik seperti olah raga gitu," cerita Nadine kepada KONTAN.

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Jumat (11/12): Kasus positif tembus 605.243, patuhi 3M

Ternyata, Nadine tak hanya menemukan satu dua hal menarik saja ketika harus lebih banyak tinggal di rumah. Selain lebih rajin berolah raga, dia banyak memanfaatkan waktu untuk menata ulang dekorasi dan tata letak perabot rumah. 

Nadine juga menyortir barang-barang yang menumpuk. Sebagian barang-barang ada yang dia daur ulang fungsinya. Namun sebagian lagi yang memang sudah tidak dibutuhkan, dibuang dengan menerapkan metode proses pemilahan sampah.

Hobi baru pun muncul. Nadine ikut-ikutan demam tanaman. Hasilnya, sejumlah area di rumahnya kini penuh dengan tanaman hijau yang tampak asri.

Bersama dengan rekan-rekan sesama artis atau profesi lain, Nadine melalui bendera organisasi nirlabanya yakni Sea Soldier juga sempat menggalang dana untuk pengadaan kebutuhan hand sanitizer selama Maret-Mei 2020 di 14 titik. "Ada yang lelang gitar dan bahkan ada yang sampai lelang kapak laku Rp 1 juta," katanya sembari tertawa.

Kalau masih ingat, pasokan hand sanitizer masih terbatas dan harganya pun mahal pada masa awal pandemi. Padahal #cucitangan terutama #cucitanganpakaisabun adalah salah satu cara untuk menahan penyebaran Virus Corona. Dua cara lain dalam anjuran progam 3M #satgascovid19 yakni #pakaimasker dan #jagajarak.

Usai berkolaborasi dengan para artis, Nadine kembali terlibat dalam kegiatan sosial lain. Dia bekerja sama dengan sebuah perusahaan es krim untuk mendukung pengadaan kebutuhan terkait Covid-19 di klinik atau rumah sakit yang membutuhkan. Aktivitas ini masih berlangsung hingga kini.

Nadine Chandrawinata

Lewat aneka kolaborasi tersebut, Nadine merasa jiwa gotong-royong justru semakin banyak tumbuh di tengah rasa susah bersama karena pandemi Covid-19. Semangat berbagi antara mereka yang berkecukupan dengan mereka yang berkekurangan juga terjadi.

Sementara di sisi lain, Nadine merasa manusia diingatkan kembali bahwa sumber daya alam (SDA) tidak bisa dieksplotasi secara berlebihan. Bahkan dari level terkecil yakni rumah tangga sekalipun.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Indonesia tembus 600.000, kenali 15 gejala virus corona menurut WHO

Misalkan dari sampah rumah tangga yang banyak menumpuk. Karena lebih banyak di rumah, Nadine menjadi tahu seberapa banyak sampah yang dihasilkan saban harinya. "Kita bisa membayangkan kalau sampah-sampah itu enggak diambil maka akan menggunung dan bau jadi misal untuk sampah basah gitu akan lebih baik kalau kita juga mulai belajar untuk mengubahnya jadi kompos," kata dia. 

Hingga Jumat (11/12), Satuan Tugas Penanganan Covid-19 atau #satgascovid19 mencatat adanya tambahan 6.310 kasus baru yang terinfeksi Corona di Indonesia. Alhasil, total kasus positif Corona menjadi 605.243.

Jumlah kesembuhan bertambah 4.911 orang sehingga menjadi sebanyak 496.886 orang. Lalu jumlah orang yang meninggal akibat Virus Corona di Indonesia bertambah 175 sehingga menjadi sebanyak 18.511 orang.

Sementara untuk cakupan global, total kasus positif Virus Corona hingga Kamis (10/12) sekitar 70 juta. Jumlah kesembuhan mencapai 45,1 juta orang dan kematian 1,59 juta orang.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabu

Selanjutnya: Nadine Chandrawinata Tak Segan Menegur Orang yang Abai Protokol Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×