kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berikut manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah


Senin, 22 Juni 2020 / 14:45 WIB
Berikut manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Air kelapa mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah. 

Pohon kelapa sejatinya memiliki beragam manfaat, mulai dari akar, batang, daun, hingga buahnya. 

Air dari buah kelapa pun dipercaya memiliki khasiat dan nilai gizi yang tinggi, seperti kandungan asam amino yang lebih unggul dari susu sapi. 

Baca Juga: Seledri ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, begini cara konsumsinya

Tidak hanya sebagai minuman yang mampu menyegarkan tenggorokan dan melepaskan dahaga, air kelapa juga bermanfaat sebagai bahan pengobatan tradisional dan kecantikan. 

Lantas, apa saja kegunaan atau manfaat dari air kelapa? 

Ramuan pengobatan tradisional 

Sejumlah orang beranggapan bahwa air kelapa muda berkhasiat sebagai penetral racun dalam tubuh. Air kelapa muda bahkan kerap dijadikan obat dari segala jenis penyakit. 

Dari segi pengobatan lainnya, air kelapa muda dengan sari jeruk sitrun dipercaya mampu mengobati penyakit cacingan. 

Tidak hanya mengobati penyakit di dalam tubuh, air kelapa muda dapat digunakan penyakit luar, seperti dijadikan obat gatal-gatal akibat eksim. 

Caranya, Anda rendam satu genggam beras dalam air kelapa muda yang ada dalam tempurung selama enam sampai tujuh jam. Selanjutnya, jika sudah terasa asam, Anda angkat, lalu giling beras dalam rendaman hingga menjadi bubur halus. 

Setelah halus, Anda oleskan pada bagian tubuh yang terasa gatal, ruam, luka, eksim, atau telapak kaki yang pecah-pecah. 

Ramuan kecantikan 

Tidak hanya bermanfaat sebagai obat dari berbagai penyakit, air kelapa muda juga memiliki segudang manfaat untuk ramuan kecantikan, misalnya untuk menghilangkan jerawat. 

Jerawat pada wajah dapat kempes dan tidak membekas dengan mencampur air kelapa muda dengan parutan dari tiga ruas kunyit. Kemudian, Anda diamkan campuran terebut selama semalam dalam lemari es. 

Anda bubuhkan tiga sendok teh bubuk cendana dan simpan kembali dalam tiga hari. Anda Saring ramuan tersebut dengan kain kasa. 

Anda Gunakan ramuan jerawat ini pada area yang diperlukan sebanyak dua kali sehari. Selanjutnya, manfaat lain yang bisa diperoleh dari air kelapa muda, yakni mencegah kerutan wajah di usia dini. 

Caranya, Anda hanya perlu mencuci muka  dengan air kelapa muda secara rutin. Niscaya wajah Anda akan kencang dengan perlakuan yang rutin. 

Membantu mengurangi kelelahan 

Air kelapa digadang-gadang juga memiliki khasiat untuk membantu mengembalikan stamina dan mengurangi kelelahan pada tubuh. Sebab, kandungan elektrolit pada air kelapa sangat baik dalam mengganti cairan tubuh, terutama bagi ibu hamil untuk mencegah dehidrasi. 

Adapun garam alami pada tubuh dapat digantikan dengan air kelapa, seperti natrium, kalium, dan klorida. 

Melancarkan sirkulasi darah 

Manfaat lain yang dapat diambil dari air kelapa muda, salah satunya seperti melancarkan sirkulasi darah. Pasalnya, tubuh yang tidak optimal dalam sistem sirkulasi darah tentu akan berdampak pada rasa pegal dan nyeri. 

Oleh sebab itu, kandungan kalium dan magnesium yang terdapat dalam air kelapa memiliki peran penting dalam memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh. 

Tidak hanya itu, kalium juga berperan dalam membantu gerakan otot, penghantaran sinyal saraf, dan membantu kerja ginjal dalam penyaringan darah. 

Meski air kelapa memiliki banyak manfaat, tetapi semuanya masih membutuhkan bukti penelitian lebih lanjut.(Retia Kartika Dewi) 

Baca Juga: Berikut makanan yang ampuh menurunkan asam urat Anda

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Manfaat Air Kelapa, dari Obat Kecantikan hingga Lancarkan Sirkulasi Darah", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×