kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.090
  • SUN98,24 -0,14%
  • EMAS600.960 -1,65%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Sering-sering menimbang demi turunkan berat badan

Rabu, 23 Agustus 2017 / 18:01 WIB

Sering-sering menimbang demi turunkan berat badan
Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - Banyak orang berusaha keras untuk menghilangkan timbunan lemak di tubuhnya, baik dengan olahraga maupun mengatur pola makan.  Namun ada satu hal penting yang sering terlupa, yakni menimbang badan tiap hari.

Sebagaimana dilansir dari Menshealth, dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Behavioral Medicine, sering menimbang badan akan membuat kita cenderung terhindar dari kegemukan, bahkan bisa membantu menurunkan berat badan.

Dalam study itu, peneliti memantau 294 mahasiswa yang berisiko mengalami kegemukan. Mereka meminta para mahasiswa menimbang badan setidaknya sekali seminggu, lalu mengikuti perkembangannya selama dua tahun. Setelahnya, mereka menanyakan seberapa sering sebenarnya mereka menimbang berat badan dalam kurun waktu itu.

Hasilnya, mahasiswa yang menimbang berat badan setiap hari tidak hanya terhindar dari kegemukan, namun bahkan mengalami pengurangan berat. Mereka juga mengalami sedikit penurunan indeks massa tubuh setelah dua tahun, dibanding yang tidak sering menimbang badan. Selain itu, ada juga penurunan lemak tubuh sekitar 2 %.

“Kami tidak menduga bahwa mereka akan mengalami penurunan berat badan,” ujar pimpinan peneliti Diane Rosenbaum, Ph.D. dalam pernyataannya.

Meski demikian, para peneliti tidak tahu pasti mengapa mereka yang lebih sering menimbang berat badan bisa mengalami penurunan berat. Namun ada penjelasan yang masuk akal mengenai hal itu meski seseorang tidak sedang menjalani diet atau program penurunan berat badan.

Salah satunya, menimbang badan setiap hari membuat kita tahu seberapa besar pola makan dan olahraga mempengaruhi berat badan kita. Saat melihat angka di timbangan naik, orang cenderung akan membuat penyesuaian untuk menghentikannya, baik dengan mengurangi makan atau lebih banyak berolahraga.

“Memang timbangan tidak bisa membedakan antara lemak dan otot, namun setidaknya ia bisa menjadi alat untuk mengontrol berat badan,” kata pakar nutrisi Chris Mohr, Ph.D., R.D., seperti dikutip Menshealth.

Artinya, bila anda ingin menjaga agar berat badan tidak bertambah, cara termudah adalah selalu mengeceknya setiap hari di atas timbangan. (Wisnubrata)


Sumber : Kompas.com
Editor: Yudho Winarto

KESEHATAN

Komentar
TERBARU

KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0008 || diagnostic_api_kanan = 0.0612 || diagnostic_web = 0.2389

Close [X]
×