kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekomendasi 4 obat batu ginjal dari bahan-bahan alami


Senin, 05 April 2021 / 10:32 WIB
Rekomendasi 4 obat batu ginjal dari bahan-bahan alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batu ginjal adalah penumpukan dan pengerasan mineral yang dapat mengganggu fungsi ginjal. Penyebab batu ginjal pun beragam. Mulai dari genetik atau pola hidup yang kurang sehat. Supaya kondisi Anda tak semakin parah, ada beberapa jenis obat batu ginjal yang bisa Anda konsumsi.

Selain minum obat yang dijual di apotek, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Kandungan dalam bahan alami mampu menghancurkan batu ginjal yang terbentuk sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter, ya. Tujuannya agar bahan alami yang Anda konsumsi tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Apalagi jika Anda juga sedang mengonsumsi jenis obat yang lain.

Cuka Apel

Zat asam yang terkandung dalam cuka apel mampu menghancurkan batu ginjal yang terbentuk karena penumpukan kalsium. Mengutip dari Pharmeasy (pharmeasy.in), Anda hanya perlu minum segelas air hangat yang dicampur dengan sedikit cuka apel tiap sebelum makan.

Baca Juga: 4 Penyebab batu ginjal yang bisa terjadi, ada yang Anda alami?

Kacang Merah

Tahukah Anda bahwa kacang merah juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal batu ginjal? Magnesium dan kandungan lain dalam jenis kacang itu mampu menghancurkan batu ginjal secara efektif. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, rebus kacang merah hingga benar-benar matang atau lunak. Setelah itu, gunakan air rebusan kacang merah sebagai kuah. Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan bahan alami lain yang dipenuhi gizi.

Delima

Obat batu ginjal berikutnya yang bisa Anda konsumsi adalah delima. Hal itu disebabkan karena buah delima memiliki astringen alami sehingga batu ginjal bisa hilang secara optimal. Anda hanya perlu mengonsumsi jus delima setiap hari supaya efek tersebut bisa Anda rasakan.

Baca Juga: Pantang disepelekan! Ini 10 gejala infeksi ginjal yang perlu diketahui

Lemon

Air lemon bisa Anda gunakan sebagai obat batu ginjal.

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati batu ginjal adalah lemon. Pharmeasy mengatakan bahwa asam sitrat yang terdapat dalam lemon mampu menghancurkan batu ginjal yang terbentuk karena penumpukan kalsium.

Namun, pastikan untuk mengonsumsi jus lemon tanpa pemanis buatan, ya. Pemanis buatan justru memperparah batu ginjal. Cukup campur sedikit air perasan lemon ke segelas air hangat. Minum obat batu ginjal itu setiap pagi saat perut Anda masih kosong.

Selanjutnya: Manfaat tempuyung untuk kesehatan: mengobati asam urat sampai batu ginjal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×