kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudah dicoba, ini 4 cara menghilangkan perut buncit


Rabu, 03 Februari 2021 / 07:57 WIB
Mudah dicoba, ini 4 cara menghilangkan perut buncit


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain mengganggu penampilan, perut buncit juga bisa jadi tanda masalah kesehatan. Maka dari itu, banyak orang berusaha untuk melakukan cara menghilangkan perut buncit. Tidak hanya harus rajin olahraga, mengatur makanan yang Anda konsumsi sehari-hari pun perlu Anda coba.

Mengutip dari BT (home.bt.com), salah satu jenis makanan yang perlu Anda hindari untuk mendapat perut yang rata adalah stone fruit. Stone fruit merujuk pada jenis buah-buahan yang memiliki jenis biji yang kasar dan keras.

Stone fruit, seperti buah plum, mengandung alkohol gula yang dapat menyebabkan kembung dan gas. Hal itulah yang membuat perut Anda buncit. Selain menghindari stone fruit, tentu saja masih ada hal lain yang perlu Anda perhatikan.

Batasi Sayuran Cruciferous

Sayuran yang termasuk dalam famili Brassicacae, seperti kangkung, kubis, dan brokoli, disebut dengan sayuran cruciferous. Karena jumlah enzim di usus kecil yang terbatas, jenis sayuran tersebut tak bisa tercerna secara maksimal.

Akhirnya, saat masuk ke usus besar, bakteri yang mencerna makanan itu menghasilkan lebih banyak gas. Hal itulah yang menyebabkan perut menjadi buncit. Maka dari itu, coba batasi konsumsi sayuran cruciferous yang Anda konsumsi.

Baca Juga: Coba 5 buah untuk diet ini yuk, awet bikin kenyang!

Kurangi Makanan Pedas

Menghindari makanan pedas bisa jadi cara menghilangkan perut buncit.

Cara menghilangkkan perut buncit selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengurangi konsumsi makanan pedas. Makanan pedas dapat menstimulasi produksi asam lambung yang membuat organ pencernaan iritasi.

Tak hanya itu, asam lambung yang mengendap dalam sistem pencernaan juga bisa menyebabkan produksi gas yang lebih banyak. Jika Anda ingin memiliki perut yang rata, usahakan untuk mengatur level pedas makanan Anda.

Jangan Kunyah Permen Karet

Ada banyak orang yang beranggapan bahwa mengunyah permen karet dapat menghindarkannya dari mengonsumsi biskuit atau asupan kalori tambahan. Sayangnya, mengunyah permen karet juga dapat membuat Anda menelan angin sehingga perut Anda pun buncit.

Mengunyah permen karet pun menstimulasi enzim pencernaan untuk memproses makanan. Akhirnya, Anda justru merasa lapar. BT merekomendasikan Anda untuk memilih makanan ringan bergizi, seperti kue oatmeal, sayur, atau jenis buah yang lain.

Baca Juga: 4 Penyebab perut buncit yang bisa Anda alami

Batasi Gula dan Garam Berlebih

Cara menghilangkan perut buncit yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan membatasi konsumsi gula dan garam berlebih. Pemanis buatan yang terdapat dalam makanan dan minuman dapat meningkatkan produksi gas.

Sedangkan garam dapat menahan air dalam tubuh lebih banyak sehingga perut Anda menjadi terlihat buncit. Tak hanya itu, mengonsumsi terlalu banyak garam juga tak baik untuk kesehatan jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selanjutnya: Agar tubuh tetap sehat, hindari 4 penyebab perut kembung ini, yu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×