kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 5 gejala HIV yang perlu Anda waspadai, apa saja?


Kamis, 29 April 2021 / 11:17 WIB
Inilah 5 gejala HIV yang perlu Anda waspadai, apa saja?


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. HIV adalah salah satu jenis virus yang dapat mengganggu kondisi sistem imun tubuh Anda. Artinya, kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan dapat terganggu. Supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat dan cepat, Anda perlu memerhatikan gejala HIV.

Setiap orang mengalami gejala yang berbeda-beda. Mengutip dari Everlywell (everlywell.com), gejala biasanya muncul selama dua hingga empat minggu setelah Anda terinfeksi HIV. Biasanya gejala itu akan bertahan selama beberapa hari hingga beberapa minggu.

Saat Anda mengalami gejala-gejala berikut ini, cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Meski bukan disebabkan karena HIV, bisa saja kesehatan Anda terganggu karena penyakit lain. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan perawatan sesuai dengan kondisi Anda.

Muncul Ruam di Kulit

Gejala HIV pertama yang bisa Anda alami adalah muncul ruam di kulit. Ruam yang muncul biasanya berwarna merah dan dibarengi dengan rasa sakit serta gatal. Seiring berjalannya waktu, gejala itu bisa semakin parah hingga menyebabkan infeksi jika tak tertangani dengan baik.

Baca Juga: 4 Penyebab batu ginjal yang bisa terjadi, ada yang Anda alami?

Sakit Tenggorokan

Everlywell menyebutkan bahwa infeksi HIV bisa ditandai dengan sakit tenggorokan. Tak hanya itu, batuk kering juga akan sering Anda alami. Jika Anda mengalami gejala tersebut, tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Demam

Gejala HIV lainnya yang bisa Anda alami adalah demam. Bahkan, demam termasuk salah satu gejala awal saat Anda terinfeksi HIV. Kondisi itu terjadi sebagai reaksi tubuh akan serangan benda asing penyebab penyakit.

Baca Juga: Sindrom nefrotik, apa saja penyebab dan komplikasinya?

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan pada kelenjar getah bening termasuk salah satu gejala HIV.

Kelenjar getah bening adalah salah satu bagian tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi benda asing yang masuk ke tubuh. Maka dari itu, kelenjar getah bening bisa mengalami pembengkakan saat HIV masuk ke tubuh Anda. Bagian kelenjar getah bening yang bengkak biasanya berada di selangkangan, ketiak, dan leher.

Masalah Pada Sistem Pencernaan

HIV juga bisa ditandai dengan masalah pada sistem pencernaan, lo. Anda menjadi lebih mudah merasa mual dan muntah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengalami diare saat terinfeksi HIV. Maka dari itu, Anda perlu mewaspadai gejala tersebut untuk mencegah kondisi kesehatan yang lebih parah.

Selanjutnya: Inilah gejala kanker serviks yang perlu Anda perhatikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×