kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,69   4,34   0.47%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini vitamin pendongkrak kualitas ASI


Jumat, 04 November 2016 / 16:38 WIB
Ini vitamin pendongkrak kualitas ASI


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Kualitas air susu ibu (ASI) sangat dipengaruhi dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Maka, penting bagi ibu menyusui untuk menjaga makanan yang masuk.

Salah satu hal yang penting ialah vitamin. Saat menyusui, ada baiknya konsumsi berbagai jenis vitamin. Aneka vitamin ini berguna agar ASI lancar dan banyak. Disarikan dari american pregnancy, berikut beberapa vitamin yang bisa mendongkrak kualitas ASI.

Vitamin D dan vitamin B dianggap menjadi vitamin penting untuk ibu menyusui. Fairhaven Health, salah satu pusat perawatan postnatal mengungkapkan wanita menyusui perlu meningkatkan asupan vitamin D dan vitamin B.

Rendahnya kadar vitamin D dalam tubuh akan berdampak signifikan terhadap kesehatan. Vitamin ini akan menjaga tubuh tetap sehat sebab ibu menyusui membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat. 

Untuk bisa mencukupi asupan vitamin D, konsumsilah telur, ikan dan daging. Telur mengandung vitamin D yang juga membantu pembentukan tulang bayi. Selain itu, kandungan DHA dapat meningkatkan sistem saraf bayi. Vitamin D juga berfungsi mengurangi stres atau tekanan setelah melahirkan.

Sistem kekebalan tubuh ibu menyusui juga akan dijaga dengan vitamin B. Sistem saraf seluruh tubuh juga akan dijaga dengan kandungan vitamin B. Maka, produksi Asi sangat dipengaruhi oleh vitamin B.

Kandungan vitamin ini dapat membantu ibu menyusui bisa lebih tenang dan bisa beristirahat. Waktu istirahat yang cukup juga dapat membantu produksi ASI. Ibu menyusui juga bisa mencegah terjadinya masalah pada payudara seperti mastitis dengan mencukup asupan vitamin B6.

Aneka ikan menjadi asupan vitamin B yang bisa dikonsumsi agar ASI lancar dan banyak. Ikan seperti salmon dan sarden menjadi salah satu jenis ikan yang bisa dikonsumsi saat menyusui. Aneka jenis tumbuhan ubi-ubian seperti kentang dan ubi jalar bisa dikonsumsi sebagai bentuk vitamin tambahan kala menyusui.

(Gisela Niken / Tabloid Nakita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×