kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 pilihan obat susah BAB dari bahan-bahan alami


Senin, 15 Februari 2021 / 07:58 WIB
Ini 5 pilihan obat susah BAB dari bahan-bahan alami
ILUSTRASI. Lemon adalah salah satu bahan alami sebagai obat susah BAB.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seseorang dikatakan mengalami sembelit saat buang air besar tidak lebih dari tiga kali dalam seminggu. Jika sembelit terus terjadi selama lebih dari tiga bulan, bisa dikatakan Anda mengalami sembelit kronis. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk mengonsumsi obat susah BAB.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sembelit. Mulai dari memperbanyak asupan serat sehari-hari, meningkatkan aktivitas fisik, menghindari dehidrasi, dan lain sebagainya. Selain itu, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekeliling Anda.

Namun, perlu diingat bahwa bahan alami hanya mampu mengatasi sembelit ringan. Jika sembelit terus Anda lakukan dan dibarengi dengan gejala penyakit yang lain, segera konsultasikan ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Lemon

Bahan alami pertama yang bisa dimanfaatkan sebagai obat susah BAB adalah lemon. Chemist Direct (chemistdirect.co.uk) mengatakan bahwa asam sitrat dalam lemon berguna untuk mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh.

Caranya, peras air lemon lalu campur ke dalam segelas air hangat. Anda bisa menambahkan 1 sdm madu untuk meningkatkan cita rasa. Minum campuran bahan alami tersebut di pagi hari setelah bangun tidur.

Baca Juga: 5 Rekomendasi obat sembelit dari bahan-bahan alami

Bayam

Selain lemon, bayam juga bisa digunakan untuk melancarkan buang air besar. Anda hanya perlu mengolah bayam mentah dan air hingga menjadi jus. Minum jus bayam secara rutin sehingga seluruh saluran pencernaan dapat dibersihkan secara optimal.

Anggur

Anggur bisa Anda pakai sebagai obat susah BAB.

Mengutip dari Chemist Direct, buah anggur mengandung laksatif alami yang mampu mengatasi sembelit secara efektif. Cobalah untuk mengonsumsi semangkuk kecil anggur atau setengah gelas jus anggur setiap hari untuk menghindari sembelit.

Baca Juga: Mengalami sembelit? Inilah 4 cara melancarkan BAB secara alami

Jeruk

Sama seperti lemon, jeruk dapat diolah menjadi obat susah BAB. Hal itu disebabkan karena banyaknya kandungan vitamin C dan serat dalam jeruk yang mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Anda bisa mengonsumsi dua buah jeruk secara langsung atau meminumnya dalam bentuk jus.

Namun, pastikan untuk tidak mencampurnya dengan pemanis buatan, ya. Pemanis buatan justru bisa meningkatkan berat badan dan mengganggu kesehatan bagian tubuh yang lain. Tidak hanya itu, pastikan untuk mengurangi konsumsi kafein dan alkohol karena bisa memperparah sembelit.

Selanjutnya: Banyak opsi obat sembelit dari bahan-bahan alami, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×