kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 4 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah, Bisa Kontrol Gula Darah


Selasa, 07 Mei 2024 / 10:21 WIB
Ini 4 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah, Bisa Kontrol Gula Darah
ILUSTRASI. Manfaat Makan Bawang Putih Mentah


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami manfaat makan bawang putih mentah yang menakjubkan. Makan bawang mentah, meskipun tidak umum, dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Bawang mentah mengandung senyawa-senyawa aktif seperti allicin, yang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri.

Konsumsi bawang mentah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan memerangi infeksi.

Namun, bawang mentah juga dapat menyebabkan masalah pencernaan dan gangguan perut pada beberapa orang, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar atau jika seseorang memiliki sensitivitas tertentu terhadap bawang. 

Baca Juga: Cek 8 Minuman yang Punya Khasiat Ampuh untuk Kesehatan

Risiko konsumsi bawang putih mentah

Bawang putih

Bawang putih mentah memiliki rasa dan aroma yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan bawang putih yang dimasak, yang beberapa orang mungkin tidak menyukainya.

Selain itu, orang yang memiliki penyakit refluks gastroesofageal (GERD) sering disarankan untuk membatasi konsumsi bawang putih untuk mencegah terjadinya sakit maag.

Sebenarnya, senyawa tertentu yang terdapat dalam bawang putih mentah dapat mengiritasi saluran pencernaan, yang dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada atau perut.

Bawang putih juga dapat meningkatkan risiko pendarahan dengan mencegah pembentukan gumpalan darah.

Baca Juga: 8 Tanda-tanda Stroke Ringan yang Sering Diabaikan dan Cara Mengatasinya

Manfaat makan bawang putih mentah

Meskipun menikmati bawang putih mentah dengan porsi yang wajar tidak kemungkinan menyebabkan masalah, konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jumlah besar.

Untuk itu, Anda perlu memahami beberapa informasi terkait manfaat makan bawang putih mentah, dilansir dari laman Healthline.

1. Baik untuk kekebalan tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, yang mungkin disebabkan oleh kandungan antioksidan dan senyawa yang mengandung sulfur seperti alisin.

2. Dukung kesehatan jantung

Beberapa penelitian menyarankan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung.

3. Kontrol gula darah

Bawang putih dapat membantu mengurangi kadar gula darah puasa dan meningkatkan pengelolaan gula darah. Ini mungkin dapat bermanfaat untuk mengelola risiko dari diabetes tipe 2.

4. Baik untuk kesehatan otak

Meskipun penelitian pada manusia terbatas, studi pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih segar secara rutin lewat ekstrak dapat meningkatkan ingatan dan mendukung kesehatan otak.

Itulah penjelasan terkait manfaat dari konsumsi bawang putih mentah untuk kesehatan secara menyeluruh.

Selanjutnya: Bisa Turunkan Berat Badan, Berikut Jenis Teh yang Jadi Minuman Diet Alami

Menarik Dibaca: Promo Kopi Kenangan 1-31 Mei 2024, 1 Menu Makanan Gratis Tiap Beli 1 Kopi Rp 20.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×