kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati! 5 Penyebab migrain ini paling umum terjadi


Rabu, 03 Februari 2021 / 12:17 WIB
Hati-hati! 5 Penyebab migrain ini paling umum terjadi
ILUSTRASI. Penyebab migrain perlu diatasi agar kesehatan tubuh Anda tak terganggu.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ada banyak orang yang pernah mengalami migrain, tapi mereka tidak menyadari penyebabnya. Padahal, dengan mengenali penyebab migrain, Anda bisa mengurangi frekuensi terjadinya sakit kepala itu dan dapat mengatasinya secara tepat.

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mengalami migrain adalah stres. Mengutip dari American Migraine Foundation, sebanyak 70% penderita migrain dipicu oleh stres yang sedang mereka alami.

Tentu saja, Anda perlu mengatasi stres terlebih dahulu sehingga migrain dan masalah kesehatan yang lain pun bisa teratasi dengan baik. Selain stres, masih banyak faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang sakit kepala.

Jadwal tidur yang berantakan

Sadarkah Anda, jadwal tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan migrain? Saat tidur, tubuh akan memperbarui dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

Hal itulah yang membuat migrain lebih mudah terjadi saat waktu tidur Anda berantakan dan tidak maksimal. Jadi, usahakan untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam sehari.

Jika Anda kesulitan untuk mengatur jadwal tidur, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, jadwal dan kualitas tidur Anda akan meningkat.

Baca Juga: Penyebab migrain bisa diobati dengan cara ini, lo

Hormon

American Migraine Foundation menyebutkan, wanita tiga kali lebih mudah mengalami migrain daripada laki-laki. Penyebabnya, wanita sering mengalami perubahan hormon, apalagi saat menstruasi.

Kafein dan alkohol

Penyebab migrain selanjutnya yang dialami oleh banyak orang adalah konsumsi kafein dan alkohol berlebih. Untuk menghindari datangnya migrain yang berulang kali, cobalah untuk tidak mengonsumsi kafein dan alkohol melebihi batas normal yang bisa diterima tubuh Anda.

Dehidrasi

Dehidrasi jadi salah satu penyebab migrain yang sering terjadi.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala. Selain menyebabkan sakit kepala, tubuh yang kekurangan cairan pun menjadi lebih mudah pusing dan sulit berkonsentrasi.

Baca Juga: 4 Makanan penyebab vertigo yang perlu dihindari

Makanan

Beberapa jenis makanan juga dapat membuat seseorang mengalami migrain. Jenis makanan yang dimaksud adalah makanan yang mengandung MSG, histamin, pemanis buatan, produk olahan susu, dan cokelat.

Jenis makanan yang memiliki aroma kuat juga dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk mengatasi faktor penyebab tersebut, cobalah untuk memerhatikan jenis makanan mana yang memicu migrain. Setelah itu, hindari jenis makanan tersebut untuk Anda konsumsi.

Selanjutnya: Catat, tubuh terinfeksi virus corona jika mengalami sakit kepala ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×