kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Catat 10 Khasiat Ini


Jumat, 10 Mei 2024 / 09:19 WIB
Daftar Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Catat 10 Khasiat Ini
ILUSTRASI. Temulawak


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Catat khasiat dan manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh yang bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan henar. Tak heran, manfaat temulawak cukup menarik perhatian.

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan herbal yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara.

Temulawak memiliki akar yang kaya akan senyawa aktif, terutama kurkuminoid dan minyak atsiri, yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Baca Juga: Sendi Sering Kaku? Waspada 5 Gejala Rematik Berikut

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh:

1. Antiinflamasi

Kurkuminoid dalam temulawak memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Mereka membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga bermanfaat bagi individu yang menderita penyakit peradangan seperti arthritis, radang sendi, atau bahkan penyakit autoimun.

2. Antioksidan

Temulawak mengandung senyawa antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan konsumsi temulawak, Anda dapat membantu mencegah penuaan dini dan berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Tenggorokan, Coba 5 Bahan Alami Ini

3. Peningkatan Fungsi Hati

Temulawak juga diketahui membantu meningkatkan fungsi hati. Senyawa aktif dalam temulawak bekerja sebagai hepatoprotektor, melindungi sel-sel hati dari kerusakan dan membantu mengatasi gangguan hati seperti sirosis dan hepatitis.

4. Penyembuhan Luka

Minyak atsiri yang terkandung dalam temulawak memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan luka dengan lebih cepat dan mencegah infeksi.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kurkuminoid dalam temulawak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memperkuat pertahanan tubuh, Anda lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Sering Sakit Perut? Waspada Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu Berikut

6. Mendukung Pencernaan

Temulawak juga digunakan untuk meredakan masalah pencernaan seperti gangguan lambung, mual, dan muntah. Senyawa dalam temulawak merangsang produksi empedu, yang membantu dalam pencernaan lemak.

7. Mengurangi Resiko Kanker

Kurkuminoid dalam temulawak telah dikaitkan dengan kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi resiko terjadinya beberapa jenis kanker, terutama kanker usus dan kanker payudara.

8. Manajemen Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa temulawak dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga berguna dalam manajemen diabetes.

Baca Juga: Kaya Antioksidan Hingga Baik Untuk Jantung, Ini 5 Manfaat Kacang Kedelai

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi temulawak dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan mencegah penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

10. Antioksidan untuk Kulit

Masker wajah atau krim perawatan kulit yang mengandung temulawak dapat membantu mengurangi kerutan dan meremajakan kulit, karena sifat antioksidannya.

Meskipun temulawak memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk konsultasi dengan tenaga medis sebelum menggunakannya sebagai pengobatan, terutama jika Anda memiliki kondisi medis yang sudah ada. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi temulawak dalam dosis yang tepat, karena konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping. 

Temulawak dapat digunakan dalam berbagai bentuk, seperti kapsul, serbuk, minyak, atau bahkan segar sebagai bahan makanan. Jika digunakan dengan benar, temulawak dapat menjadi aset berharga dalam menjaga kesehatan tubuh dan mendukung kualitas hidup yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×