kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cukupi vitamin D agar kekebalan tubuh meningkat


Kamis, 28 Januari 2021 / 17:12 WIB
Cukupi vitamin D agar kekebalan tubuh meningkat
ILUSTRASI. Vitamin D adalah nutrisi utama yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vitamin D adalah nutrisi utama yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkannya dari sinar matahari, makanan, dan suplemen tambahan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi.

Selama musim dingin dan flu, terutama selama pandemi, sistem kekebalan yang kuat adalah salah satu pertahanan terbaik. Inilah yang perlu diketahui tentang vitamin D, termasuk cara menambah asupannya. 

Apa itu vitamin D?

Meskipun namanya "vitamin", vitamin D secara teknis adalah hormon. Tidak seperti banyak nutrisi penting lainnya, tubuh sebenarnya dapat menghasilkan vitamin D.

Ketika kulit terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, tubuh dapat mensintesis vitamin D. Anda juga bisa mendapatkannya melalui makanan dan suplemen. Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi, tulang yang lebih lemah, dan kelelahan.

Baca Juga: 4 Pilihan makanan yang mengandung lemak agar tetap sehat

Vitamin D dan dukungan untuk kekebalan tubuh

Dari influenza, batuk pilek, hingga covid-19, sistem kekebalan kita harus menghadapi banyak hal akhir-akhir ini. Meskipun Anda tidak akan menemukan satu nutrisi pun yang dapat mencegah dari terjangkit penyakit, namun tingkat vitamin D yang cukup akan membantu tubuh melawan penyakit.

Satu studi cross-sectional yang meneliti lebih dari 14.000 orang menemukan bahwa orang dengan kadar vitamin D serum yang lebih rendah memiliki kemungkinan 58% lebih tinggi untuk terkena penyakit pernapasan akut (seperti flu) dibandingkan dengan orang yang memiliki tingkat vitamin D yang lebih tinggi.

Para peneliti juga baru-baru ini melaporkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D lebih rentan terhadap “badai sitokin” mematikan dari covid-19 (reaksi berlebihan sistem kekebalan yang dramatis). Hampir 20 analisis data menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D adalah penyebab utama tingkat keparahan gejala seseorang saat terjangkit covid-19.

Sumber vitamin D Vitamin D adalah kunci untuk sistem kekebalan yang sehat. Meskipun Anda bisa mendapatkannya dari sinar matahari, ada beberapa makanan, seperti susu dan telur, yang secara alami kaya akan vitamin D. Untuk mencegah defisiensi, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen jika perlu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Cukupi Vitamin D agar Kekebalan Tubuh Meningkat.
Penulis: Dian Reinis Kumampung
Editor: Lusia Kus Anna

Baca Juga: Kiat relawan medis di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran tetap sehat dan semangat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×