kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah sembelit, ini 3 pilihan minuman pelancar BAB


Sabtu, 13 Februari 2021 / 12:45 WIB
Cegah sembelit, ini 3 pilihan minuman pelancar BAB


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Minuman pelancar BAB bisa Anda buat dengan mengolah sayur dan buah. Nutrisi yang terkandung dalam bahan alami itu mampu mengatasi sembelit sehingga feses lebih mudah untuk dikeluarkan.

Salah satu nutrisi yang mampu melancarkan buang air besar adalah serat. Jenis nutrisi itu akan bergerak di sistem pencernaan. Tidak hanya melancarkan buang air besar, serat juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Selain serat, beberapa jenis buah juga mengandung sorbitol atau alkohol gula yang berfungsi untuk mendorong air ke usus besar. Semakin banyak air di organ tersebut, feses menjadi lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan.

Ada beberapa jus buah yang mampu menyediakan nutrisi itu.

Baca Juga: Cari cara mengatasi sembelit? Pelancar BAB ini jawabannya

Jus buah kering

Buah kering berguna sebagai laksatif karena mengandung banyak sorbitol, kalium, magneisum, dan nutrisi penting lainnya yang bisa mengatasi sembelit. Bahan yang perlu Anda siapkan hanya 300 gram buah kering dan 2 liter air.

Pertama-tama, rebus buah kering dengan air yang sudah disiapkan. Setelah mendidih, diamkan dulu selama dua menit.

Selanjutnya, buat smoothie menggunakan buah kering yang sudah direbus. Anda bisa menambah serat dalam jus buah kering dengan mencampur bayam dan timun.

Anda hanya perlu menyediakan segelas jus buah kering, dua gelas bayam mentah, dan segelas timun yang sudah dipotong-potong. Campur semua bahan itu dengan blender. Jika smoothie yang telah jadi terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit air.

Jus lemon

jus lemon adalah salah satu minuman pelancar BAB yang bisa Anda pilih.

Minuman pelancar BAB selanjutnya, menurut Medical News Today, adalah jus lemon. Vitamin C dan antioksidan dalam lemon berguna untuk memperbanyak jumlah air dalam usus sehingga feses bisa dikeluarkan dengan mudah.

Caranya, campur air perasan setengah lemon ke segelas air hangat. Minum air campuran itu tiap malam dan pagi hari.

Selain minum air lemon, Anda pun bisa mencampur air lemon dengan makanan lain sehingga kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Baca Juga: Jus buah dan sayur yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, bahannya mudah didapat

Jus apel

Selain buah kering dan lemon, jus apel juga bermanfaat sebagai minuman pelancar BAB. Mengutip dari Medical News Today, sebuah apel berukuran sedang mengandung 4,4 gram serat, 18,91 gram gula alami, vitamin C, vitamin A, dan nutrisi yang lain.

Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi jus apel secara berlebihan karena bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu, Anda bisa membuat jus apel bersama dengan kulitnya agar tidak banyak serat yang terbuang.

Selanjutnya: Mengalami sembelit? Inilah 4 cara melancarkan BAB secara alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×