kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, ini 4 pembersih telinga alami yang bisa Anda pakai


Kamis, 18 Maret 2021 / 10:50 WIB
Catat, ini 4 pembersih telinga alami yang bisa Anda pakai


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebenarnya, tubuh memproduksi kotoran telinga untuk melindungi indra pendengaran Anda dari mikroorganisme atau benda asing yang menyebabkan iritasi. Namun, kotoran telinga yang terlalu banyak justru dapat menyebabkan infeksi. Hal itu bisa Anda hindari dengan pembersih telinga.

Tak hanya menimbulkan rasa sakit dan telinga berdengung, kotoran telinga yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan kemampuan mendengar Anda hilang. Biasanya, ada gejala lain yang Anda alami saat kotoran telinga menumpuk terlalu banyak.

Mulai dari demam, pusing, batuk, hingga keluar bau tidak sedap dari lubang telinga Anda. Selain membeli pembersih di apotek, kotoran telinga juga bisa dibersihkan dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda.

Cuka Apel

Mengutip dari Express MD (expressmdcare.com), cuka apel mengandung antibakteri dan antijamur yang bisa mengatasi iritasi akibat penumpukan kotoran telinga. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Pertama, campur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, celupkan kapas dan gunakan kapas itu pada telinga yang infeksi selama minimal lima menit. Selanjutnya, miringkan kepala supaya tidak ada cuka apel yang masuk ke lubang telinga.

Baca Juga: Awas, cotton bud bisa merusak telinga

Bawang Putih

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai pembersih telinga adalah bawang putih. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba supaya antimikroba dalam bawang putih mengatasi infeksi dengan efektif.

Pertama, rebus beberapa butir bawang putih selama lima menit. Setelah itu, tumbuk bawang putih yang sudah direbus hingga halus. Tempatkan dalam selembar kain lalu aplikasikan pada telinga selama beberapa menit. Anda juga bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung agar sistem imun tubuh meningkat.

Tea Tree Oil

Expres MD merekomendasikan tea tree oil untuk mengatasi infeksi telinga. Sama seperti bahan-bahan yang telah disebutkan, tea tree oil mengandung antibakteri, antivirus, antimikroba, dan antiseptik yang efektif membersihkan kotoran dan masalah dalam telinga.

Anda perlu mencampur beberapa tetes tea tree oil dengan 1 sdm minyak zaitun. Selanjutnya, hangatkan campuran itu terlebih dahulu lalu masukkan ke alat tetes. Aplikasikan pada area telinga yang terinfeksi selama tiga menit lalu keluarkan cairan agar tidak masuk ke saluran telinga yang lebih dalam.

Baca Juga: Simak, ini 4 penyebab benjolan di belakang telinga

Minyak Zaitun

Anda bisa memakai minyak zaitun sebagai pembersih telinga.

Minyak zaitun bisa jadi pembersih telinga selanjutnya yang patut dicoba. Apalagi jika bakteri dan jamur mulai menginfeksi indra pendengaran Anda. Anda hanya perlu sedikit menghangatkan minyak zaitun lalu gunakan kapas untuk membersihkan kotoran telinga.

Selanjutnya: Efektif dan mudah dicoba, cek 4 pilihan pembersih telinga alami ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×