kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahan alami ini efektif dijadikan cara menghilangkan uban


Selasa, 23 Februari 2021 / 12:34 WIB
Bahan alami ini efektif dijadikan cara menghilangkan uban
ILUSTRASI. Salah satu cara menghilangkan uban adalah memakai minyak kelapa dan lemon.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Uban adalah salah satu tanda penuaan yang umum dialami oleh banyak orang. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami uban di usia muda. Jika hal itu mengganggu Anda, ada banyak cara menghilangkan uban yang bisa Anda coba.

Misalnya, Anda bisa mengganti warna rambut di salon. Selain itu, memanfaatkan bahan-bahan alami pun dapat Anda coba supaya kemunculan uban tersamarkan. Beberapa bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk hal itu adalah teh hitam atau black tea, lemon, minyak kelapa, dan lain sebagainya.

Kandungan nutrisi yang dimiliki bahan-bahan alami dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Artinya, Anda bisa menggunakan bahan alami secara rutin agar penampilan rambut Anda tetap terjaga.

Black Tea

Bahan alami pertama yang bisa Anda coba untuk menghilangkan uban adalah black tea. Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), black tea mampu menghitamkan dan membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Anda perlu merebus black tea dalam segelas air terlebih dahulu. Setelah dingin, aplikasikan black tea pada rambut kemudian diamkan dulu selama satu jam lalu bilas dengan air. Ulangi cara tersebut sebanyak satu kali dalam satu minggu untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: 5 Bahan masker rambut alami yang bisa digunakan dengan mudah, apa saja?

Minyak Kelapa dan Lemon

Cara menghilangkan uban juga bisa Anda lakukan dengan kombinasi minyak kelapa dan lemon. Bahan-bahan alami tersebut mampu menjaga pigmen dalam folikel rambut sehingga kemunculan uban bisa lebih lambat.

Pertama, campur 2 sdm minyak kelapa dengan 1 sdm air lemon dalam sebuah wadah. Selanjutnya, aplikasikan campuran itu pada rambut dan kulit kepala. Jangan lupa untuk memberi sedikit pijatan dan diamkan dulu selama 30 menit sebelum Anda membilasnya dengan air dan sampo.

Kopi Hitam

Kopi hitam bisa jadi cara menghilangkan uban.

Bahan selanjutnya yang cocok jadi cara menghilangkan uban adalah kopi hitam. Anda hanya perlu merebus kopi, lalu gunakan air rebusan itu pada rambut dan kulit kepala. Diamkan dulu selama 20 menit sebelum Anda membilasnya. Cara tersebut bisa Anda coba sebanyak dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: Muncul uban di usia muda? Ini 5 faktor penyebabnya

Kulit Kentang

Tahukah Anda bahwa kulit kentang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan uban? Zat tepung dalam kulit kentang berfungsi untuk menambah pigmen rambut sehingga kemunculan uban bisa berkurang.

Melansir Stylecraze, Anda perlu merebus kulit kentang yang didapat dari enam kentang dalam dua gelas air. Setelah air sedikit mengental, diamkan dulu selama beberapa saat lalu saring agar kulit kentang terpisah dari air. Gunakan air yang sudah tersaring pada rambut yang sudah dicuci dengan sampo.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi masker rambut alami, bahannya mudah didapat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×