kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat buah pir untuk kesehatan, cocok jadi penurun berat badan


Jumat, 19 Februari 2021 / 08:33 WIB
5 Manfaat buah pir untuk kesehatan, cocok jadi penurun berat badan
ILUSTRASI. Ada banyak manfaat buah pir yang berguna untuk kesehatan tubuh. Foto Dok wikimedia.org


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa yang suka makan buah pir? Tak hanya lezat, jenis buah ini juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lo. Manfaat buah pir berasal dari berbagai macam nutrisi penting yang terkandung di dalamnya.

Dari buah pir berukuran sedang, Anda bisa mendapat 6 g serat, 27 karbohidrat, dan 101 kalori. Selain itu, jenis buah ini juga mengandung banyak niacin dan folat yang berguna untuk meningkatkan energi tubuh.

Buah pir juga mengandung banyak antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari beragam jenis penyakit. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi buah pir.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Seperti yang sudah dikatakan, buah pir memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Artinya, mengonsumsi jenis buah itu mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Serat dapat melunakkan feses sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Baca Juga: Jarang diketahui, ini manfaat buah duku untuk kesehatan

Mengandung Antiinflamasi

Mengutip dari Healthline (healthline.com), buah pir memiliki banyak antiinflamasi sehingga mampu meredakan peradangan yang terjadi dalam tubuh Anda. Hal itu dibuktikan dari ulasan beberapa studi yang pernah dilakukan.

Hasilnya, flavonoid atau salah satu antioksidan dalam buah pir mampu menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Efek antiinflamasi dalam buah pir masih didukung dengan nutrisi lain, seperti vitamin C dan vitamin K.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Buah pir bisa mencegah pertumbuhan sel kanker, lo. Manfaat buah pir itu berasal dari kandungan antosianin dan cinnamic acid. Tak hanya mencegah pertumbuhan sel kanker di paru-paru atau kandung kemih, buah pir juga mampu mencegah kanker ovarium. Jadi, buah ini cocok dikonsumsi wanita.

Baca Juga: 4 Manfaat tomat untuk wajah, bisa jadi pelembab wajah

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat buah pir adalah menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk memasukkan buah pir dalam menu diet sehat. Healthline mengatakan bahwa buah pir memiliki sedikit kalori dan banyak air serta serat.

Selain melancarkan buang air besar, kandungan-kandungan tersebut mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, keinginan untuk mengonsumsi makanan lain yang dipenuhi kalori pun dapat berkurang.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah pir selanjutnya untuk tubuh Anda adalah kesehatan jantung bisa terjaga. Antioksidan procyanidin dalam buah pir mampu melenturkan otot jantung dan menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.

Usahakan untuk mengonsumsi buah pir bersama dengan kulitnya, ya. Kulit buah pir mengandung quercetin, salah satu jenis antioksidan, yang dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol sehingga kondisi jantung Anda tetap sehat.

Selanjutnya: 5 Manfaat buah rambutan untuk kesehatan: menjaga kesehatan ginjal sampai tulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×