kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan untuk ibu hamil yang bisa Anda jadikan pilihan


Senin, 19 April 2021 / 12:52 WIB
5 Makanan untuk ibu hamil yang bisa Anda jadikan pilihan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan selama masa kehamilan. Salah satunya adalah makanan apa saja yang Anda konsumsi sehari-hari. Tidak perlu khawatir, ada banyak makanan untuk ibu hamil yang bisa Anda pilih.

Selain memerhatikan makanan yang Anda konsumsi, penting pula untuk minum banyak air putih. Laman Motherly merekomendasikan Anda untuk minum 10 gelas berukuran 8 ons setiap hari. Minum banyak air putih akan menjaga kondisi tubuh Anda dan janin dalam kandungan.

Nah, supaya kondisi kandungan menjadi lebih baik, cobalah barengi dengan konsumsi beberapa jenis makanan berikut, mulai dari sayuran hijau hingga biji-bijian utuh:.

Sayuran hijau

Sayuran hijau termasuk makanan untuk ibu hamil yang perlu Anda konsumsi secara rutin. Jenis sayuran hijau, seperti bayam atau kale, mengandung banyak asam folat, protein, dan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi.

Baca Juga: Stunting: Pengertian, dampak, dan cara mencegahnya

Jahe

Jahe perlu Anda konsumsi di masa awal kehamilan. Tujuannya, untuk meredakan mual dan kondisi lain yang terjadi selama kehamilan.

Anda perlu merebus jahe berukuran satu inci dalam 8 ons air selama lima menit terlebih dahulu. Sebelum minum air rebusan itu, beri sedikit madu dan lemon supaya rasanya lebih lezat.

Biji-bijian utuh

Motherly merekomendasikan biji-bijian utuh untuk Anda konsumsi selama hamil. Sama seperti jahe, mengonsumsi biji-bijian utuh dapat meredakan rasa mual selama hamil.

Tidak hanya itu, biji-bijian utuh juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya. Mulai dari karbohidrat, zat besi, serat, hingga vitamin B.

Cobalah untuk mengonsumsi 6-11 ons biji-bijian utuh setiap hari. Beberapa jenis biji-bijian utuh yang bisa Anda jadikan pilihan adalah oatmeal, barley, brown rice, quinnoa, dan lain-lain.

Baca Juga: Cek, inilah ​15 tanda-tanda hamil yang sering tidak disadari

Ubi jalar

Ubi jalar termasuk salah satu makanan untuk ibu hamil yang bisa Anda jadikan pilihan.

Ubi jalar termasuk makanan untuk ibu hamil berikutnya yang bisa Anda coba. Jenis makanan itu mengandung beta karoten dan vitamin A yang baik untuk perkembangan janin dalam kandungan Anda.

Ubi jalar juga mengandung serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang dan menurunkan jumlah gula darah.

Susu

Janin membutuhkan kalsium supaya bisa berkembang secara maksimal. Nah, kebutuhan itu bisa Anda penuhi dengan minum susu. Selain susu, produk olahan susu lainnya, seperti keju atau yogurt tanpa lemak, bisa Anda jadikan pilihan.

Selanjutnya: ​Ibu menyusui boleh puasa atau tidak? Berikut penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×