kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara menghilangkan uban dengan bahan alami, mudah dicoba


Minggu, 02 Mei 2021 / 07:25 WIB
5 Cara menghilangkan uban dengan bahan alami, mudah dicoba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Uban adalah salah satu tanda penuaan yang disebabkan karena berkurangnya jumlah melanin di rambut. Jika Anda mengalaminya, ada banyak cara menghilangkan uban yang bisa Anda coba. Salah satunya dengan memakai bahan alami.

Biasanya, uban muncul setelah Anda memasuki usia 30-an. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa uban muncul saat usia Anda masih muda. Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya hal itu. Mulai dari polusi, stres, penggunaan pewarna rambut yang terlalu banyak, dan lain sebagainya.

Tubuh yang kekurangan nutrisi tertentu juga bisa jadi faktor munculnya uban di usia muda. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi makanan-makanan bergizi. Selain itu, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan ini supaya kemunculan uban berkurang.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi kemunculan uban, lo. Mengutip dari Nutrition Inside (nutritioninside.com), Anda perlu menumbuk beberapa helai daun jambu biji lalu mencampurnya dengan 2 sdm mustard oil. Aplikasikan pada kulit kepala selama 30 menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: 5 Bahan alami ini cocok jadi cara menghilangkan uban

Lemon dan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan uban juga bisa Anda lakukan dengan mengkombinasikan minyak kelapa dan lemon. Caranya, campur ½ sdm air perasan lemon dengan minyak kelapa sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Selanjutnya, pijatkan pada kulit kepala dan rambut selama 10 menit lalu diamkan semalaman. Cuci rambut dengan sampo di pagi hari. Usahakan untuk melakukan langkah tersebut secara rutin supaya Anda bisa mendapat hasil yang maksimal.

Bawang Merah

Jika Anda mencari bahan alami yang bisa mengatasi kemunculan uban, bawang merah bisa dijadikan pilihan. Melansir Nutrition Inside, cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, haluskan dua bawang merah berukuran sedang dengan air menggunakan blender.

Saring jus bawang merah itu lalu gunakan air yang sudah disaring dari kulit kepala hingga ujung rambut. Selanjutnya, tutup rambut dengan shower cap. Setelah 30 menit, bilas dengan air. Anda bisa melakukan langkah-langkah itu sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: 4 Bahan alami ini bisa dijadikan cara menghilangkan kutu rambut

Jahe dan Madu

Menggunakan jahe dan madu termasuk salah satu cara menghilangkan uban.

Cara menghilangkan uban berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memakai jahe dan madu. Caranya, campur lima hingga enam iris jahe dengan 3 sdm madu. Setelah teraduk rata, pijatkan pada kulit kepala secara perlahan, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi masker rambut dari bahan-bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×