kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,96   -24,77   -2.57%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Rekomendasi obat telat datang bulan, bisa dari bahan alami


Kamis, 25 Februari 2021 / 12:24 WIB
4 Rekomendasi obat telat datang bulan, bisa dari bahan alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Tidak hanya menimbulkan rasa nyeri, jadwal menstruasi wanita juga bisa terlambat. Ini tentu mengganggu kondisi tubuh secara keseluruhan. Untuk mengatasinya, ada berbagai macam obat telat datang bulan yang bisa Anda coba.

Umumnya, siklus menstruasi terjadi tiap 28 hari sekali. Anda perlu waspada jika siklus terjadi lebih dari jangka waktu tersebut. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena kondisi itu cukup umum dialami oleh banyak orang.

Beberapa faktor penyebab siklus menstruasi yang terlambat adalah gangguan makan, perubahan berat badan, anemia, ketidakseimbangan hormon, stres, atau pola hidup tidak sehat yang lain.

Jika Anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami.

Pepaya mentah

Mengutip NDTV Food, pepaya mentah sebagai obat telat datang bulan yang bisa Anda coba. Kandungan dalam jenis buah itu dapat menstimulus kontraksi otot dalam rahim sehingga siklus menstruasi bisa terjadi.

Cobalah untuk mengonsumsi pepaya mentah dalam bentuk jus dalam jangka waktu tertentu. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya saat menstruasi terjadi, ya. Tujuannya agar Anda tidak mengalami efek samping yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Perlu Anda waspadai, 4 penyebab haid lama ini

Kunyit

Selain pepaya mentah, kunyit juga bisa Anda manfaatkan untuk memperlancar siklus menstruasi. Jenis rempah itu dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh sehingga jadwal menstruasi bisa lebih teratur.

Tak berhenti sampai di situ, kandungan dalam kunyit juga berguna untuk mengurangi nyeri haid atau gejala lain yang mengganggu kondisi tubuh.

Caranya, campur ¼ bubuk kunyit dengan madu atau susu. Usahakan untuk mengonsumsinya secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: Inilah 4 gejala menopause yang bisa dialami wanita

Lidah buaya

Lidah buaya bisa Anda manfaatkan sebagai obat telat datang bulan.

Bahan alami selanjutnya, menurut NDTV Food, adalah lidah buaya. Sama seperti kunyit, lidah buaya dapat membantu tubuh menyeimbangkan jumlah hormon. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya saat menstruasi berlangsung, ya.

Jahe

Obat telat datang bulan lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah jahe. Anda perlu merebus 1 sdm jahe selama lima menit terlebih dahulu.

Minum air rebusan jahe itu sebanyak tiga kali dalam sehari. Anda bisa menambahkan sedikit gula supaya rasanya lebih lezat.

Selanjutnya: Waspada, inilah 5 penyebab telat haid yang bisa Anda alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×