Tips Sehat

Yuk, konsumsi 5 makanan berprotein tinggi ini

Kamis, 14 Januari 2021 | 10:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Yuk, konsumsi 5 makanan berprotein tinggi ini

ILUSTRASI. Kedelai jadi salah satu makanan berprotein tinggi yang bisa Anda konsumsi. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/rwa.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Jenis nutrisi itu mampu menurunkan berat berat badan, mempertahankan otot, dan lain sebagainya. Mengonsumsi makanan berprotein tinggi bisa jadi salah satu cara memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi itu.

Mengutip dari Diet Doctor (dietdoctor.com), protein terbentuk dari asam amino. Dengan memenuhi kebutuhan protein, organ dan sistem dalam tubuh bisa berjalan sesuai dengan fungsinya. Salah satu sumber makanan yang mengandung banyak protein adalah telur.

Anda bisa mendapat 19 g protein dari tiga butir telur berukuran besar. Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin dengan mengolahnya menjadi berbagai macam hidangan. Selain telur, tentu saja masih banyak sumber protein lain yang bisa dijadikan pilihan.

Daging Merah

Mengonsumsi daging merah secara rutin mampu memberikan banyak manfaat. Mulai dari menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, dan mengatur resistensi insulin. Jika Anda ingin menambah kekuatan dan massa otot, cobalah untuk mengkombinasikannya dengan latihan ketahanan.

Baca Juga: 6 Manfaat daun pandan untuk kesehatan

Kedelai

Makanan berprotein tinggi selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah kedelai. Diet Doctor mengatakan bahwa kedelai adalah satu-satunya tanaman yang bisa memenuhi kebutuhan sembilan asam amino penting yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Protein dari kedelai juga efektif mengontrol nafsu makan Anda sehingga cocok dikonsumsi saat Anda menjalankan program diet sehat. Anda bisa mencampurnya dalam bentuk salad atau merebus kedelai dan dibuat menjadi sayur.

Keju

Keju termasuk salah satu makanan berprotein tinggi.

Selain mengandung banyak protein, keju juga memiliki efek mengenyangkan. Dengan mengonsumsi produk olahan susu itu secara rutin, lemak dalam tubuh Anda akan berkurang dan massa otot dapat bertambah.

Tentu saja tiap jenis keju memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. Namun, secara rata-rata, tiap jenis keju memiliki kandungan protein yang tinggi. Misalnya, dalam 100 g keju parmesan, Anda bisa mendapat 35 g protein.

Baca Juga: Tak hanya pisang, ini 4 makanan yang mengandung kalium

Ikan

Ikan juga termasuk dalam makanan berprotein tinggi, lo. Bahan alami tersebut juga mengandung asam lemak omega-3 yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Selain mengonsumsi ikan segar, Anda masih bisa mendapat manfaat protein dari ikan kaleng, ikan beku, dan ikan asap.

Greek Yogurt

Tak hanya keju, Anda juga bisa mendapat banyak protein dari produk olahan susu yang lain, yaitu greek yogurt. Dalam 170 g greek yogurt, Anda bisa mendapat 15 g hingga 18 g protein dan 5 g karbo.

Selanjutnya: 5 Jus buah dan sayur yang bermanfaat sebagai obat herbal untuk asam urat

Editor: Belladina Biananda


Terbaru