Yuk, konsumsi 5 buah untuk ibu hamil ini secara rutin

Jumat, 18 Desember 2020 | 08:21 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Yuk, konsumsi 5 buah untuk ibu hamil ini secara rutin

ILUSTRASI. Jeruk adalah salah satu buah untuk ibu hamil.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengonsumsi buah untuk ibu hamil penting dilakukan untuk menjaga kesehatan calon ibu dan janin dalam kandungan. Sumber makanan itu juga mengandung banyak nutrisi sehingga pertumbuhan dan perkembangan janin berjalan normal. Berikut ini beberapa jenis buah yang sebaiknya Anda konsumsi.

Jeruk

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa jeruk adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak vitamin C, folat, dan air. Kandungan itu mampu menghidrasi tubuh Anda dengan baik.

Tak hanya itu, vitamin C berfungsi untuk melindungi sel dari kerusakan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Sehubungan dengan itu, folat dalam jeruk berguna untuk mencegah cacat tabung saraf yang bisa mengganggu otak dan sumsum tulang belakang janin.

Mangga

Sama seperti jeruk, buah mangga juga mengandung banyak vitamin C. Tak hanya itu, vitamin A juga banyak ditemukan dalam mangga. Dengan mengonsumsi buah untuk ibu hamil ini secara rutin, Anda bisa menguatkan sistem imun tubuh bayi dan menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan.

Baca Juga: Ibu hamil, jangan makan 5 makanan ini ya!

Delima

Jika Anda mencari buah kaya nutrisi yang cocok dikonsumsi ibu hamil, buah delima adalah jawabannya. Dalam sebuah delima, Anda bisa mendapatkan vitamin K, folat, kalsium, zat besi, serat, dan protein.

Kandungan zat besi dalam delima membuat Anda terhindari dari kekurangan zat besi sehingga tubuh Anda menjadi lebih berenergi selam hamil. Mengutip dari Medical News Today, buah delima juga mampu menurunkan risiko kerusakan plasenta.

Alpukat

Buah untuk ibu hamil selanjutnya yang perlu dikonsumsi secara rutin adalah alpukat. Jenis buah ini mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin E, vitamin C, vitamin K, serat, potasium, dan vitamin B. Selain itu, alpukat juga mengandung banyak lemak sehat.

Baca Juga: Penting untuk orang tua, ini cara cegah stunting pada anak sejak dini

Lemak sehat berfungsi untuk memberikan energi ibu hamil dan potasium bisa meredakan kram kaki yang sering terjadi selama masa kehamilan. Untuk janin, lemak sehat berguna meningkatkan pembentukan jaringan kulit dan otak.

Apel

Apel adalah salah satu buah untuk ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin.

Apel mengandung nutrisi yang dibutuhkan janin untuk tumbuh dan berkembang. Beberapa nutrisi yang ada dalam apel adalah vitamin A, potasium, vitamin C, dan serat. Mengonsumsi apel secara rutin bisa menurunkan risiko alergi dan asma yang dimiliki bayi.

Selanjutnya: Ini 6 tanda bahaya kehamilan, para ibu hamil wajib waspada

Editor: Belladina Biananda
Terbaru