kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk Kenali 5 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis


Kamis, 16 Maret 2023 / 17:00 WIB
Yuk Kenali 5 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis
ILUSTRASI. Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai macam manfaat wortel untuk kesehatan tubuh yang terbukti secara klinis. Tak heran, manfaat wortel untuk kesehatan sangat menarik perhatian untuk diketahui.

Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh juga cukup populer diketahui banyak orang. Salah satu manfaat wortel untuk kesehatan yang banyak diketahui di antaranya baik untuk mata.

Namun, selain itu manfaat wortel untuk kesehatan tubuh lainnya juga tidak perlu diragukan. Hal tersebut dikarenakan wortel mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Manfaat Lari untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Yuk Simak!

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam wortel di antara seperti serat, karbohidrat, protein, kalsium, kalium, vitamin A, vitamin K, vitamin C dan masih banyak lagi.

Lalu apa saja manfaat wortel untuk kesehatan tubuh?

Melansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat wortel untuk kesehatan yang penting diketahui:

1. Meningkatkan Imunitas

Salah satu manfaat wortel untuk kesehatan tubuh selain baik untuk mata, yaitu juga baik untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. 

Pasalnya, wortel termasuk salah satu jenis sayuran yang kaya akan nutrisi seperti vitamin A dan vitamin C yang efektif meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, wortel juga baik untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: 5 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Penasaran?

2. Mengontrol Kolesterol

Selanjutnya, wortel juga sangat bermanfaat dan berperan aktif untuk mengontrol kadara kolesterol dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi wortel secara rutin mampu menjaga kesehatan jantung termasuk mencegah berbagai gejala penyakit jantung lainnya.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu mampu membantu menurunkan berat badan. Tak jarang, wortel juga dijadikan salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi saat diet.

Hal tersebut dikarenakan wortel mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori. Sehingga dengan mengkonsumsi wortel akan membantu proses menurunkan berat badan.

Baca Juga: Ayo Simak 7 Manfaat Manggis untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis

4. Mengurangi Risiko Kanker

Tak berhenti disitu manfaat wortel untuk kesehatan tubuh ini juga tidak kalah penting. Pasalnya, wortel juga dipercaya mampu mengurangi risiko kanker. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat wortel tersebut.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis, Yuk Catat!

5. Mendukung Kesehatan Usus

Manfaat wortel untuk kesehatan yang tidak boleh terlewatkan yaitu juga dapat mendukung kesehatan usus. Pasalnya, wortel mengandung serat cukup tinggi sehingga baik untuk pencernaan.

Sebuah studi pada wanita muda yang makan cukup wortel untuk memasok 15g serat per hari selama tiga minggu melaporkan bahwa serat sangat mudah difermentasi. 

Selanjutnya, penelitian mengkonfirmasi sayuran memiliki peran prebiotik, yang berarti serat wortel merupakan sumber bahan bakar yang baik untuk bakteri menguntungkan yang berada di usus. 

Demikian beberapa manfaat wortel untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×