Yuk, coba 5 cara mengatasi insomnia yang efektif ini

Rabu, 03 Maret 2021 | 10:48 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Yuk, coba 5 cara mengatasi insomnia yang efektif ini

ILUSTRASI. Mengatur suasana tidur jadi salah satu cara mengatasi insomnia yang perlu Anda lakukan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apa itu insomnia? Insomnia adalah penyakit susah tidur yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Jika terus dibiarkan, kondisi itu dapat mengganggu kualitas waktu istirahat dan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Makanya, cara mengatasi insomnia perlu segera Anda lakukan.

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab insomnia. Mulai dari depresi atau masalah kesehatan yang lain, stres, perlengkapan tidur yang tidak memadai, gangguan cahaya atau suara, dan lain sebagainya. Mengutip dari Medicine Net (medicine.net), ada tiga tipe insomnia yang bisa Anda alami.

Tipe pertama adalah insomnia akut yang ditandai dengan gangguan tidur selama sekitar satu bulan. Biasanya, tipe insomnia itu bisa sembuh saat sumber stres yang Anda alami berkurang. Tipe kedua adalah insomnia sementara yang terjadi kurang dari satu minggu.

Tipe ketiga adalah insomnia kronis di mana gangguan tidur Anda alami selama lebih dari satu bulan. Tipe insomnia itu terjadi saat insomnia sementara tidak mendapat perawatan yang tepat. Untuk menghindari kondisi kesehatan yang tidak diinginkan, cobalah untuk mempraktikkan cara mengatasi insomnia.

Baca Juga: Anda susah tidur? Ini beberapa penyebabnya

Atur Suasana Kamar

Supaya gejala insomnia tidak datang terlalu sering, cobalah untuk mengatur suasana kamar Anda. Cobalah untuk mengontrol suara, suhu, dan pencahayaan di kamar agar Anda bisa lebih mudah tidur.

Tak hanya itu, mengatur suasana kamar juga dapat membuat Anda tetap terlelap sehingga kualitas tidur meningkat. NHS (nhs.uk) mengatakan bahwa sebaiknya tempatkan hewan peliharaan di luar kamar Anda. Tujuannya agar hewan peliharaan tak mengganggu waktu tidur.

Selain mengontrol beberapa hal yang sudah disebutkan, penting pula bagi Anda untuk memerhatikan tempat tidur, bantal, dan guling yang Anda pakai. Gunakan tempat tidur, bantal, atau guling yang empuk atau tidak terlalu keras sehingga Anda bisa nyaman saat beristirahat.

Editor: Belladina Biananda
Terbaru