Yuk Cek! 5 Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan yang Penting Untuk Diketahui

Selasa, 17 Januari 2023 | 11:38 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Yuk Cek! 5 Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan yang Penting Untuk Diketahui

ILUSTRASI. Manfaat buah kesemek untuk kesehatan.


KONTAN.CO.ID - Manfaat buah kesemek untuk kesehatan nampaknya tidak sepopuler jenis buah lainnya. Meski demikian, buah kesemek memiliki beragam manfaat yang tidak kalah baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah kesemek di antaranya seperti vitamin A, vitamin C, serat, folat, magnesium, fosfor dan berbagai nutrisi lainnya. Sehingga tak heran buah kesemek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain itu, buah kesemek juga mempunyai bentuk yang unik berwarna orange yang juga tampak seperti tomat. Buah kesemek juga memiliki rasa manis yang khas.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Menurunkan Kolesterol

Lantas apa manfaat buah kesemek untuk kesehatan?

Melansir dari Well and Good, simak beberapa manfaat buah kesemek untuk kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat buah kesemek yang baik untuk kesehatan di antaranya adalah baik untuk kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan buah kesemek mengandung antioksidan seperti flavonoid yang membantu melawan kerusakan oksidatif dan mengurangi berbagai risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.

2. Meningkatkan Kesehatan Sendi

Buah kesemek juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sendi. Mengkonsumsi buah kesemek dipercaya mampu mengurangi peradangan dalam tubuh, salah satunya persendian.
Manfaat buah kesemek tersebut salah satunya berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi sehinga dapat membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan kronis di sendi.

Baca Juga: Wajib Tahu! 7 Cara Meningkatkan Sperma yang Penting Untuk Diketahui

3. Melancar Pencernaan

Buah kesemek mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan. Sehingga mengkonsumsi buah kesemek mampu melancarkan pencernaan. 

Selain itu, banyaknya serat dalam buah kesemek membuah buah ini cocok dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat buah kesemek selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan mata. Pasalnya, buah kesemek mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang membantu melawan degenerasi makula atau penyakit mata yang berkaitan dengan usia.

Baca Juga: Waspada! 7 Gejala HIV yang Penting Untuk Diketahui dan Diwaspadai

5. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat luar biasa buah kesemek selanjutnya mampu mengurangi risiko kanker. Hal tersebut dikarenakan buah kesemek mengandung flavonoid dan karotenoid dan dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Namun, manfaat buah kesemek ini diperlukan penelitian lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru