kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk Catat! 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Penting Untuk Diwaspadai


Kamis, 19 Januari 2023 / 10:34 WIB
Yuk Catat! 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Penting Untuk Diwaspadai
ILUSTRASI. Gejala kolesterol tinggi.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Mengetahui gejala kolesterol tinggi adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, ada beberap gejala kolesterol tinggi yang cukup membahayakan kesehatan tubuh.

Kolesterol tinggi adalah gangguan kesehatan yang tak boleh diabaikan. Pasalnya, kolesterol tinggi sangat berisiko memicu munculnya berbagai penyakit lain. Seperti serangan jantung, stroke dan lain-lain.

Pada dasarnya kolesterol adalah salah satu senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, harus dalam jumlah yang normal. Umumnya, kadar kolesterol normal sendiri berkisar di angka 200-239 mg/dl. 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Catat!

Jika kadar kolesterol jauh di atas angka tersebut dapat dikatakan kadar kolesterol Anda tinggi dan harus lebih waspada, atau sebaiknya segera melakukan pengecekan ke dokter atau tenaga medis terdekat.

Melansir dari Healthy Ojas, berikut beberapa gejala kolesterol tinggi, di antaranya:

1. Nafsu Makan Menurun

Salah satu gejala kolesterol tinggi yang tak banyak disadari orang adalah nafsu makan yang semakin menurun. Oleh karena itu, Anda harus lebih berwaspada jika nafsu makan Anda menurun apalagi dalam jangka waktu yang relatif lama. Jika mengalami hal tersebut segeralah untuk pergi ke dokter.

Baca Juga: Punya Banyak Khasiat! Simak 8 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan Tubuh

2. Benjolan di Sekitar Mata

Selain nafsu makan yang turun, munculnya benjolan di sekitar mata juga patut diwaspadai. Pasalnya, hal tersebut juga bisa menjadi salah satu gejala Anda mempunyai kolesterol tinggi. Biasanya benjolan tersebut berwarna kuning dan muncul di bawah permukaan kulit. 

3. Sering Mengantuk

Gejala kolesterol tinggi selanjutnya adalah sering merasa ngantuk bahkan hampir setiap saat. Hal tersebut dikarenakan kolesterol tinggi dapat menghambat aliran darah sehingga akibatnya aliran oksigen dalam tubuh tidak berjalan normal. Hal tersebutlah yang menyebabkan Anda akan merasa ngantuk.

Baca Juga: Mampu Mencegah Kanker, Catat 10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

4. Depresi

Perlu Anda ketahui depresi juga bisa menjadi salah satu gejala kolesterol tinggi. Dilansar dari Healthy Ojas jika kadar kolesterol jahat dalam otak terlalu tinggi akan menyebabkan kemampuan otak untuk mengatur emosi menjadi terganggu.

Sehingga saat mengalami kolesterol tinggi Anda akan melangami depresi. Bahkan, lebih parahnya jika segera ditangani akan meningkatkan risiko penyakit alzheimer.

Baca Juga: Sendi Bengkak? Simak 5 Gejala Rematik yang Penting Untuk Diwaspadai

5. Berat Badan Bertambah

Gejala kolesterol tinggi lainnya yaitu berat badan semakin bertambah. Salah satu gejala kolesterol ini termasuk yang paling banyak dialami dan cukup mudah untuk diketahui. Oleh sebab itu jika berat badan Anda naik drastis dalam rentang waktu yang singkat, sebaiknya Anda harus menjadi asupan makanan yang dikonsumsi dan lebih rajin berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×