kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yang perlu dilakukan untuk menghindari penularan Covid-19 dari OTG


Minggu, 30 Mei 2021 / 05:35 WIB
Yang perlu dilakukan untuk menghindari penularan Covid-19 dari OTG


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Penularan Covid-19 masih terus terjadi. Bahkan, penularan Covid-19 bisa terjadi melalui orang tanpa gejala (OTG). Lantas seperti apa yang harus dilakukan agar penularan Covid-19 dapat dicegah?

Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany, menjelaskan, agar bisa menghindari penularan ini, maka setiap orang harus menganggap bahwa semua orang yang ada di sekitarnya merupakan OTG. Hal ini dikarenakan kita tidak mengetahui apakah orang yang ada di sekitar kita membawa virus Covid-19 atau tidak.

"Jadi kalau kita anggap semua orang di dekat kita OTG, maka kita tidak dekat-dekat, kita selalu pastikan masker kita yang bagus, yang 2-3 lapis, yang N95, terpasang rapat di hidung dan mulut kita karena dari situlah virus bisa masuk ke badan kita,' ujar Hasbullah kepada Kontan, Jumat (28/5).

Meski begitu, bila memang seseorang terpaksa harus berdekatan dengan orang lain, Hasbullah mengingatkan agar orang tersebut segera mencuci tangan dengan sabun.

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Jumat (28/5): Tambah 5.862 kasus, tetap pakai masker

Tak hanya itu, orang tersebut juga harus segera mengganti pakaian dan mencuci pakaiannya dengan sabun. Hal ini perlu dilakukan, mengingat virus bisa menempel pada badan atau ke tangan atau ke pakaian yang dikenakan.

Hal senada pun disampaikan oleh  Pakar epidemiologi Universitas Airlangga Laura Navika Yamani. Menurutnya, pencegahan penularan ini adalah dengan menerapkan protokol kesehatan atau 3M yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Dia mengingatkan bahwa sulit untuk meminta OTG yang terbukti positif untuk melakukan karantina apalagi yang belum diperiksa sehingga mungkin membawa atau terinfeksi dengan virus.

"OTG sangat sulit untuk diidentifikasi jika tidak dilakukan pemeriksaan. Jadi upaya antisipasi terkait ini dengan menjalankan protokol kesehatan agar dapat melakukan interaksi dengan masyarakat secara aman," kata Laura.

Selanjutnya: Duterte: Tangkap pelanggar protokol kesehatan COVID-19

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×