kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wow! Ini manfaat minum kopi tanpa gula dan susu untuk kesehatan tubuh Anda


Rabu, 17 Juni 2020 / 20:50 WIB
Wow! Ini manfaat minum kopi tanpa gula dan susu untuk kesehatan tubuh Anda
ILUSTRASI. ilustrasi kesehatan, minuman dan makanan untuk kesehatan , kopi buji kopi kafe


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kopi hitam tanpa campuran gula dan susu memang terasa pahit. Namun, kopi hitam ini memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda. 

Kopi termasuk salah satu minuman paling populer di dunia, salah satunya di Indonesia. 

Indonesia memiliki banyak varietas kopi yang tumbuh hampir di seluruh daerah di Indonesia. Hal ini menyebabkan kopi seakan-akan tidak bisa terpisah dari budaya masyarakat di Indonesia. 

Baca Juga: Berikut manfaat wedang jahe untuk kesehatan tubuh Anda

Untuk para penikmat kopi ‘veteran’. Jenis kopi yang banyak dicari adalah kopi hitam. 

Namun, bagi beberapa orang menikmati kopi hitam berarti menikmati cita rasa sejati dari kopi tersebut. Ternyata, kopi hitam juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 

1. Meningkatkan memori 

Meminum kopi hitam di pagi hari, ternyata dapat meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam dapat membantu meningkatkan daya memori dengan cara menjaga otak tetap aktif. 

Saraf-saraf yang aktif akibat meminum kopi hitam, juga menurunkan resiko terkena penyakit demensia. 

2. Membersihkan perut 

Kopi memiliki sifat diuretic. Sifat ini membuat kamu seringkali ingin buang air kecil. Disaat inilah, racun-racun dan bakteri dalam tubuh akan keluar dalam bentuk urin. Ini membantu kamu membersihan perutmu dari berbagai macam bakteri.

3. Melindungi hati 

Sebagai organ yang melakukan ratusan fungsi penting, kesehatan hati kamu tentunya patut dijaga. Pasalnya, banyak penyakit-penyakit mematikan yang menyerang fungsi hati seperti hepatitis. 

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari program perawatan medis Kaiser Pemanente menyatakan, orang yang minum empat cangkir atau lebih kopi hitam per hari memiliki risiko hingga 80 persen lebih rendah terkena penyakit hati.   

4. Membantu Hidup Lebih Lama 

Mengingat banyaknya manfaat kopi untuk tubuh, maka tidak salah bila disimpulkan bahwa kopi hitam membantu kamu untuk hidup lebih lama. 
Sebuah penelitian dari Sekolah Kesehatan Harvard menyatakan, minum kopi dikaitkan dengan penurunan 20 persen riesiko kematian pada pria dan penurunan risiko kematian 26 persen pada wanita dalam rentan umur 18-24 tahun.

5. Meningkatkan kinerja fisik 

Kafein yang terdapat dalam kopi hitam merangsang sistem saraf kamu, memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Namun juga meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah kamu. 

Penelitian yang dilakukan oleh bagian ilmu biomedis Universitas Luton menyatakan, kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12 persen. 

6. Meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh 

Kopi hitam adalah pembangkit tenaga antioksidan. Kopi hitam mengandung Vitamin B2, B3, B5, mangan, potasium, dan magnesium.   

7. Mengurangi stres dan depresi 

Stres merupakan masalah terbesar untuk tubuh. Pasalnya, stres merupakan penyebab banyak masalah kesehatan yang serius. 

Namun minum secangkir kopi hitam ketika kamu merasa tegang atau rendah dapat meningkatkan suasana hati kamu secara instan dan membuat segalanya menjadi lebih baik. 

Kopi merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan noradrenalin, neurotransmiter penting yang meningkatkan suasana hati.

8. Membakar lemak 

Segelas kopi hitam dapat membantu kamu membakar lemak jahat di tubuhmu. Kafein ditemukan di setiap biji kopi menjadi salah satu dari beberapa zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. 

Penelitian yang dilakukan oleh departemen nutrisi Universitas London menyatakan, kafein dapat meningkatkan laju metabolisme kamu hingga tiga sampai 11 persen. 

9. Membuat bahagia 

Pada dasarnya hal terpenting yang di dunia adalah bahagia. Ini juga salah satu solusi terbaik untuk melawan depresi. Sediakan dua cangkir kopi hitam setiap hari untuk mencegah depresi. 

10. Meningkatkan kinerja tubuh saat olahraga 

Kopi hitam secara drastis meningkatkan kinerja fisik kamu dan membantu kamu mengeluarkan 100 persen potensi tenaga kamu saat melakukan olahraga. Hal inilah yang menyebabkan para pelatih-pelatih olahraga merekomendasikan kopi sebelum memulai olahraga.(Albert Supargo) 

Baca Juga: Infused water nanas bisa meredakan batuk dan pilek

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula dan Susu", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×