kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wow! Ini manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh Anda


Jumat, 12 Juni 2020 / 17:47 WIB
Wow! Ini manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh Anda
ILUSTRASI. Kunyit putih alias temu putih


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - Kunyit identiknya berwarna kuning-jingga, tetapi ada juga kunyit putih atau dikenal dengan nama temu putih. Kunyit putih pun menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. 

Apa saja itu? Temu putih (Curcuma zedoaria) adalah tanaman semusim dengan karakteristik daun berbentuk bundar dan berwarna hijau muda. 

Baca Juga: Amazing! Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan Anda

Rimpang kunyit putih tumbuh pendek, banyak serat, berwarna pucat, serta memiliki bau yang khas dan rasa yang pahit. Meski tidak sepopuler kunyit kuning, temu putih juga sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional di China ataupun Jepang. 

Pasalnya, kunyit putih memiliki kandungan dengan potensi besar untuk dikembangkan menjadi obat yang digunakan dalam dunia medis modern.

Kandungan dan manfaat kunyit putih untuk kesehatan 

Kunyit putih merupakan tanaman herbal yang terkenal karena mengandung senyawa kimia bernama kurkuminoid dan flavonoid. 

Namun, rimpang kunyit putih ini juga mengandung minyak atsiri, astringensia, sulfur, dan sedikit lemak. Kandungan lain yang memiliki potensi untuk kesehatan manusia adalah alkaloid, phenol, saponin, glikosida, steroid, dan terpenoid. 

Berdasarkan kandungan-kandungan tersebut, manfaat temu putih untuk kesehatan, antara lain: 

Meringankan gejala tidak enak badan 

Tidak enak badan memang bukan istilah medis, namun masyarakat mengenalinya sebagai kumpulan gejala, seperti demam, batuk, perut kembung, muntah, hingga badan terasa menggigil. 

Berdasarkan penelitian, semua gejala tersebut dapat menjadi lebih ringan jika Anda mengonsumsi temu putih. Manfaat temu putih ini juga berkaitan dengan sifatnya yang mirip obat ekspektoran dan penawar rasa sakit. 

Temu putih juga bisa bersifat diuretik alias memperlancar pembentukan urine sehingga tubuh akan mengeluarkan racun lewat buang air kecil. 

Menghambat pertumbuhan sel kanker 

Manfaat temu putih ini didapat dari kandungan kurkuminoid, flavonoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin, dan ethyl pmethoxycinnamate yang dipercaya sebagai zat antikanker. 

Sebuah penelitian mengungkap kandungan-kandungan tersebut dapat mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker ovarium dan kanker usus besar. 

Penelitian lain mengungkap bahwa pemberian ekstrak sederhana temu putih dapat menurunkan keganasan pertumbuhan sel tumor. Meski demikian, klaim ini baru sebatas diuji pada tikus laboratorium sehingga efektivitas penggunaannya pada manusia masih perlu dikaji lebih dalam. 

Menghambat perkembangan bakteri 

Pemberian ekstrak temu putih juga dapat menghambat perkembangan bakteri Streptococcus viridans. Bakteri ini di antaranya dapat menyebabkan sepsis dan pneumonia pada orang neutropenia (memiliki neutrofil yang sangat sedikit dalam darah), hingga mengakibatkan sepsis dan meningitis pada bayi. 

Penelitian lain juga mengungkap manfaat kunyit putih sebagai antimikroba untuk bakteri Gram positif maupun negatif. Bakteri tersebut antara lain Pseudomonas aeruginosa, Bacillus subtilis, dan Staphylococcus aureus. 

Mengatasi gejala alergi 

Kunyit putih juga diyakini dapat mengatasi alergi karena mampu menghambat pelepasan beta-hexosaminidase yang mengakibatkan munculnya gejala ini. 

Manfaat Kunyit putih tersebut didapat dari kandungan kurkumin di dalamnya. 

Penawar racun 

Kunyit putih juga dipercaya bisa menjadi penawar racun ular atau hewan berbisa lain. Pasalnya, kandungan dalam temu putih dapat merusak neurotoksin dan enzim pada racun ular yang bisa melumpuhkan tubuh bila tidak segera diatasi. 

Bagaimana cara menggunakan Kunyit putih? 

Di Indonesia, Kunyit putih digunakan sebagaimana tanaman rimpang lain, yakni sebagai bumbu aromatik pada makanan. Kunyit putih dapat dijumpai dalam bumbu kari dan biasanya digunakan untuk menyedapkan makanan olahan dari laut (seafood). 

Anda bisa membeli Kunyit putih segar atau dalam bentuk bubuk. Meski demikian, penggunaannya untuk obat sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. 

Hal ini mengingat belum banyak penelitian yang mengungkap efek samping Kunyit putih terutama bila dikonsumsi secara rutin atau berlebihan.(Wisnubrata) 

Baca Juga: Berikut obat herbal yang ampuh meredakan batuk kering

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Manfaat Temu Putih, Saudara Kunyit Kuning dengan Segudang Khasiat", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×