kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wow! Ini loh manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh dan mental


Minggu, 05 Juli 2020 / 12:21 WIB
Wow! Ini loh manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh dan mental
ILUSTRASI. Ilustrasi. Alpukat menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. tidak hanya mempunyai rasa yang lezat, alpukat menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Anda yang sulit tidur malam disarankan mulai mengonsumsi alpukat.   

Alpukat salah satu buah musiman yang banyak ditemui di dalam negeri. Umumnya, alpukat diburu oleh mereka yang tengah diet karena mengandung lemak nabati. 

Baca Juga: Menakjubkan! Berikut manfaat serai untuk kesehatan tubuh

Asal tahu saja, lemak nabati alpukat dikenal bisa memberi nutrisi untuk kulit dan rambut. 

Lebih dari itu, alpukat sebenarnya memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat alpukat yang mungkin belum Anda ketahui: 

1. Membantu penyerapan vitamin 

Mia Syn, seorang ahli gizi diet dan nutrisi terdaftar mengatakan lemak alpukat tidak hanya bagus untuk kulit dan rambut saja. " Lemak sehat dalam alpukat dapat membantu penyerapan vitamin A, D, K, dan E yang larut dalam lemak," ujar Mia kepada Elite Daily melalui email, dilansir Rabu (1/8/2018). 

"Vitamin K penting untuk pembekuan darah, sementara vitamin E membantu melindungi sel, jaringan, dan organ dari kerusakan radikal bebas," tambahnya. 

2. Menjaga kesehatan mental 

The New York Times melaporkan, alpukat mengandung banyak magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan mental dan terhindar dari stres. 

"Kekurangan magnesium telah dikaitkan dengan stres, tingkat kecemasan yang tinggi, dan sulit tidur," kata Dr. Raj Dasgupta, seorang profesor pulmonary and sleep medicine di University of Southern California. 
"Magnesium adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan agar Anda bisa tidur nyenyak di malah hari," imbuh Raj. 

3. Mencegah Katarak 

Menurut sebuah penelitian yang terbit di jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science, para ahli menemukan beberapa karotenoid atau pigmen dalam alpukat efektif mencegah katarak dan masalah penglihatan pada orang tua. 

4. Mencegah sembelit 

Menurut University of Maryland Medical Center, alpukat mengandung banyak serat yang bagus untuk pencernaan dan mencegah sembelit. 

" Alpukat mengandung sekitar 40 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan untuk kebutuhan tubuh," ujar para ahli. 

Semua daging alpukat pada dasarnya baik, namun yang paling banyak mengandung nutrisi adalah daging buah yang paling dekat dengan kulit. 
"Jadi pastikan untuk menyendok semuanya dan jangan ada yang dibuang," kata Mia Syn.(Gloria Setyvani Putri) 

Baca Juga: Wow! Ini manfaat teh jahe untuk kesehatan tubuh

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Manfaat Tersembunyi Alpukat, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Mental"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×