kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WHO: Angka kematian Covid-19 akan meningkat dalam beberapa hari mendatang


Sabtu, 24 Oktober 2020 / 11:30 WIB
WHO: Angka kematian Covid-19 akan meningkat dalam beberapa hari mendatang
ILUSTRASI. WHO memperingatkan, melonjaknya kasus virus corona membuat rumah sakit mulai kehabisan kapasitas menjelang musim dingin. Fabrice Coffrini/Pool via REUTERS/File Photo


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JENEWA. Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus cemas, sejumlah negara tengah berada dalam jalur yang berbahaya saat ini. Dia beralasan, melonjaknya kasus virus corona membuat rumah sakit mulai kehabisan kapasitas menjelang musim dingin.

"Terlalu banyak negara yang mengalami peningkatan kasus secara eksponensial dan sekarang rumah sakit dan ICU hampir kehabisan atau melebihi kapasitas dan ini baru memasuki bulan Oktober," kata Tedros dalam konferensi pers seperti yang dilansir CNBC.

Dia mengimbau agar para pemimpin dunia yang negaranya mengalami lonjakan kasus untuk memperbaiki secepat mungkin.

"Kita berada pada titik kritis dalam pandemi ini, khususnya di belahan bumi utara. Beberapa bulan ke depan akan menjadi sangat sulit dan beberapa negara berada di jalur yang berbahaya," jelasnya.

Baca Juga: WHO: Kita ada pada titik kritis dalam pandemi, beberapa negara di jalur berbahaya

Melansir laman resmi WHO, Tedros menegaskan, penting bagi semua pemerintah untuk fokus pada hal-hal mendasar yang membantu memutus rantai penularan dan menyelamatkan nyawa juga mata pencaharian.

Ini berarti, penemuan kasus secara aktif, investigasi cluster, mengisolasi semua kasus, mengkarantina kontak, memastikan perawatan klinis yang baik, mendukung dan melindungi petugas kesehatan, serta melindungi yang rentan.

"Kita melakukan ini untuk jangka panjang. Tetapi, ada harapan jika kita membuat pilihan cerdas bersama, kita dapat mencegah kasus, memastikan layanan kesehatan penting terus berlanjut, dan anak-anak masih bisa bersekolah," ungkap Tedors.

"Kita semua memiliki peran untuk dimainkan," imbuh dia.

Baca Juga: Remdesivir resmi dinyatakan sebagai obat pertama Covid-19 di AS




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×