Waspadai Obat Penyebab Asam Lambung, Kenali Juga Cara Menangani Asam Lambung Naik

Selasa, 18 Oktober 2022 | 11:36 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Waspadai Obat Penyebab Asam Lambung, Kenali Juga Cara Menangani Asam Lambung Naik

ILUSTRASI. Waspadai Obat Penyebab Asam Lambung, Kenali Juga Cara Menangani Asam Lambung Naik


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebab asam lambung bukan hanya karena makanan dan minuman. Sejumlah obat-obatan bisa menimbulkan efek samping asam lambung. Selain itu, penting untuk mengenali cara menangani asam lambung naik.

Penderita asam lambung harus tahu cara menangani penyakit ini saat kambuh atau asam lambung naik. Pasalnya, asam lambung bisa naik secara tak terduga.

Merangkum Kompas.com, berikut obat-obatan penyebab asam lambung yang harus diwaspadai:

1. Ibuprofen

Obat-obatan yang bisa menjadi penyebab asam lambung naik yang pertama adalah ibuprofen. Dilansir dari EverydayHealth, ibuprofen adalah obat penghilang rasa sakit yang termasuk dalam jenis non-steroidal anti-inflammatory drug (NSAID).

Jenis obat ini bisa mengiritasi lambung karena meningkatkan produksi asam lambung. Aspirin Selain ibuprofen, aspirin juga termasuk jenis NSAID yang sering digunakan. Obat ini terkadang juga menyebabkan efek samping asam lambung naik saat digunakan.

Baca Juga: Pepaya Bisa Membantu Menurunkan Asam Lambung Tinggi

2. Obat osteoporosis

Obat-obatan yang bisa menjadi penyebab asam lambung naik yang kedua adalah obat osteoporosis. Dilansir dari GoodRXHealth, obat osteoporosis jenis bisphosphenates seperti alendronate (fosamax), ibandronate (boniva), dan risedronate (actonel) juga bisa menyebabkan asam lambung naik dan gangguan pencernaan saat dikonsumsi.

3. Obat hipertensi

Obat-obatan yang bisa menjadi penyebab asam lambung naik yang ketiga adalah obat hipertensi. Obat hipertensi untuk menurunkan tekanan darah jenis calcium channel blocker dan beta blocker memiliki efek samping mengendurkan klep pengontrol asam lambung (sfingter esofagus bagian bawah). Kondisi ini bisa menyebabkan asam lambung naik.

4. Obat penenang dan antidepresan

Obat-obatan yang bisa menjadi penyebab asam lambung naik yang keempat adalah obat penenang dan antidepresan. Seperti beberapa obat hipertensi, Beberapa obat penenang dan pereda kecemasan juga bisa mengendurkan klep pengontrol asam lambung di saluran pencernaan.

5. Suplemen zat besi

Obat-obatan yang bisa menjadi penyebab asam lambung naik yang kelima adalah suplemen zat besi. Beberapa orang yang mengonsumsi suplemen zat besi terkadang merasakan efek samping asam lambungnya naik.

Suplemen ini terkadang bisa membuat lapisan bagian dalam lambung menipis dan rentan memicu maag dan asam lambung naik.

6. Suplemen kalium

Obat-obatan yang bisa menjadi penyebab asam lambung naik yang keenam adalah suplemen kalium. Selain obat hipertensi, penderita tekanan darah tinggi juga sering direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen kalsium. Namun, suplemen ini terkadang bisa menyebabkan maag atau asam lambung naik.

7. Antibiotik

Obat-obatan yang bisa menjadi penyebab asam lambung naik yang ketujuh adalah antibiotik. Beberapa jenis antibiotik seperti tetrasiklin juga memiliki efek samping memicu asam lambung naik, diare, dan gangguan pencernaan lain.

Cara menangani asam lambung naik

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, ada banyak cara untuk menangani asam lambung naik. Salah satu cara menangani asam lambung naik adalah dengan mengonsumsi obat herbal asam lambung.

Jika asam lambung dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda mengalami berbagai macam masalah kesehatan. Mulai dari perut kembung, nyeri dada akibat heartburn atau sensasi terbakar, dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu, dinding lambung Anda juga bisa terluka.

Berikut berbagai bahan herbal untuk menangani asam lambung naik:

1. Cuka Apel

Cara menangani asam lambung naik yang pertama adalah konsumsi cuka apel. Mengutip dari Health Shots (healthshots.com), mengonsumsi cuka apel tiap sebelum makan dapat mencegah asam lambung naik.

Kandungan dalam cuka apel mampu menetralkan asam lambung sehingga pH dalam lambung menjadi lebih stabil. Anda hanya perlu menacmpur 1-2 sdm cuka apel dalam segelas air lalu minum air tersebut satu kali per hari.

2. Susu Dingin

Cara menangani asam lambung naik yang kedua adalah konsumsi susu dingin. Namun, pastikan Anda tidak alergi terhadap laktosa, ya. Tidak hanya mengurangi asam lambung, minum susu dingin juga bisa meredakan heartburn.

3. Air Kelapa

Cara menangani asam lambung naik yang ketiga adalah konsumsi air kelapa. Kalium dan nutrisi lain yang terdapat dalam air kelapa mampu menyeimbangkan pH lambung. Namun, pastikan untuk meminumnya tanpa pemanis tambahan, ya.

Baca Juga: Anda bisa coba, ini 4 rekomendasi obat herbal asam urat

4. Daun Kemangi

Cara menangani asam lambung naik yang keempat adalah konsumsi daun kemangi. Health Shots mengatakan bahwa mengonsumsi daun kemangi bisa jadi salah satu cara menetralkan asam lambung. Anda bisa mengonsumsi daun kemangi secara lagsung. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan merendam bahan alami itu dalam air lalu mengonsumsi airnya secara rutin.

5. Jahe

Cara menangani asam lambung naik yang kelima adalah konsumsi sari jahe. Kandungan dalam jahe mampu menurunkan asam lambung yang naik ke saluran pencernaan atas. Tak hanya itu, jahe juga memiliki antiinflamasi yang bisa mengobati masalah pencernaan yang lain.

Itulah berbagai obat penyebab asam lambung dan cara menangani asam lambung naik secara alami. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru