Kesehatan Umum

Waspadai 5 penyebab sering mengantuk ini

Kamis, 26 November 2020 | 11:49 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspadai 5 penyebab sering mengantuk ini

ILUSTRASI. Kurang tidur di malam hari bisa jadi salah satu penyebab sering mengantuk di siang hari. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengantuk merupakan hal yang wajar dialami oleh banyak orang. Namun, hal itu bisa menyebabkan masalah jika kegiatan Anda sehari-hari terganggu. Berikut ini penyebab sering mengantuk yang bisa Anda miliki dan perlu dihindari.

Kurang Tidur

Very Well Health (verywellhealth.com) mengatakan bahwa sering mengantuk di siang hari disebabkan karena kurang tidur di malam harinya. Ada banyak hal yang memicu Anda untuk kurang tidur.

Mulai dari banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, lingkungan tidur yang tak mendukung, waktu tidur yang tidak teratur, hingga ketidaktahuan Anda tentang kebutuhan jam tidur Anda sendiri. Hal tersebut mengakibatkan Anda mengantuk di siang hari meski Anda tak memiliki gangguan tidur apa pun

Sleep Apnea

Penybab sering mengantuk lainnya adalah sleep apnea. Sleep apnea adalah kondisi di mana Anda berhenti bernapas saat tidur dan hal itu sering terjadi. Kondisi tersebut dapat terjadi puluhan hingga ratusan kali selama Anda tidur.

Baca Juga: Sulit tidur, simak tips berikut ini

Sleep apnea mengakibatkan ritme tidur Anda terganggu sehingga kualitas waktu istirahat Anda tak bisa maksimal. Hal tersebut tentu saja berakibat buruk untuk kehidupan Anda. Bahkan, sleep apnea parah bisa mengakibatkan penderitanya tertidur saat mengemudi kendaraan.

Narkolepsi

Narkolepsi merupakan suatu kondisi di mana sistem saraf tubuh Anda mengalami gangguan sehingga Anda merasa sering mengantuk di siang hari. Umumnya, kondisi tersebut terjadi secara tiba-tiba. Rasa kantuk yang berkaitan dengan narkolepsi bisa diatasi dengan pengobatan yang melibatkan stimulus.

Sindrom Kelelahan Kronis

Penyebab sering mengantuk lainnya yang disebutkan Very Well Health adalah sindrom kelelahan akut atau chronic fatigue syndrome. Sindrom tersebut membuat Anda merasa sangat mengantuk dan lelah. Sindrom kelelahan kronis biasanya dikaitkan dengan penggunaan sendi dan otot yang berlebihan. 

Meski penyebab sindrom kelelahan kronis belum bisa ditentukan secara pasti, tapi kondisi tersebut dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Maka dari itu, memerhatikan gejala yang Anda rasakan dan segera memeriksakan diri ke dokter perlu Anda lakukan.

Baca Juga: Delapan manfaat bangun pagi bagi kesehatan

Gangguan Ritme Sirkadian

Selain beberapa kondisi di atas, ritme sirkadian yang terganggu juga bisa menyebabkan Anda sering mengantuk di siang hari. Ritme sirkadian adalah jam alami tubuh yang digunakan untuk mengatur kapan saatnya bangun dan kapan waktunya tidur.

Saat jadwal tidur Anda berantakan, ritme sirkadian juga bisa terganggu. Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir karena kondisi tersebut bisa diatasi dengan banyak hal. Misalnya, menggunakan light therapy sehingga ritme sirkadian kembali normal.

Selanjutnya: 5 Cara menghilangkan ngantuk agar tak ganggu kegiatan

Editor: Belladina Biananda


Terbaru