Kesehatan Umum

Waspadai 5 gejala sinusitis ini

Selasa, 09 Maret 2021 | 16:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspadai 5 gejala sinusitis ini


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sinus adalah kondisi di mana rongga hidung mengalami infeksi, iritasi, dan inflamasi. Infeksi itu disebabkan oleh virus. Namun, tidak menutup kemungkinan bakteri dan jamur juga bisa jadi penyebab sinusitis. Biasanya, ada beberapa gejala sinusitis yang Anda alami.

Healthline (healthline.com) membedakan penyakit tersebut menjadi dua, yaitu sinusitis akut dan sinusitis kronis. Sinus akut biasanya terjadi kurang dari empat minggu. Sedangkan sinus kronis berlangsung selama lebih dari 12 minggu dan bisa kembali terjadi.

Apapun tipe sinus yang Anda alami, ada beberapa gejala yang umum terjadi. Namun, setiap orang mengalami gejala yang berbeda-beda. Jadi, jika Anda mengalami minimal satu gejala dalam jangka waktu lama, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat jadi salah satu gejala sinus yang umum terjadi. Infeksi mengakibatkan sinus meradang sehingga Anda kesulitan untuk bernapas. Tidak hanya itu, Anda mungkin akan kesulitan untuk mencium aroma dan mencecap rasa makanan atau minuman.

Baca Juga: Jangan sembarangan, ini 4 cara membersihkan hidung bayi ini

WajahTerasa Sakit

Lokasi sinus tersebar di beberapa lokasi, seperti di belakang hidung serta di bawah dan di atas mata. Maka dari itu, Anda bisa merasakan sakit di beberapa lokasi. Misalnya di bagian kening, hidung, gigi, dan rahang.

Sakit Kepala

Salah satu gejala sinusitis adalah sakit kepala.

Sehubungan dengan gejala sinusitis sebelumnya, penyakit itu juga bisa mengakibatkan sakit kepala. Umumnya, sakit kepala akan terasa semakin parah di pagi hari. Alasannya karena ada lebih banyak cairan yang menumpuk saat Anda tidur di malam hari.

Keluar Cairan dari Hidung

Ciri-ciri sinusitis berikutnya adalah keluar cairan dari hidung. Cairan atau lendir yang Anda keluarkan biasanya berwarna hijau atau kuning keruh. Selain dikeluarkan melalui hidung, cairan juga bisa turun ke bawah melewati tenggorokan. Hal itulah yang membuat tenggorokan Anda terasa sakit.

Baca Juga: Dari bahan alami, ini 4 obat hidung tersumbat yang bisa Anda coba

Batuk dan Sakit Tenggorokan

Mengutip dari Healthline, lendir yang melewati tenggorokan dapat menyebabkan iritasi. Apalagi jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Hal itu bisa menyebabkan batuk, bahkan saat Anda tidur di malam hari.

Kondisi itu tentu saja membuat Anda kesulitan untuk mendapat waktu tidur berkualitas. Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk menghindari gejala sinusitis itu adalah tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi daripada biasanya.

Selanjutnya: Obat sinusitis bisa terbuat dari bahan alami ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru