kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspadai 5 ciri-ciri terkena virus corona yang tak biasa ini


Senin, 01 Maret 2021 / 13:46 WIB
Waspadai 5 ciri-ciri terkena virus corona yang tak biasa ini
ILUSTRASI. Tenaga kesehatan melakukan perawatan terhadap pasien virus corona atau Covid-19 di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/2/2021).


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ada banyak ciri-ciri terkena virus corona yang bisa Anda alami. Mulai dari demam, batuk, sesak napas, hingga sakit kepala. Anda perlu segera menghubungi tenaga kesehatan jika mengalami gejala tersebut.

Apalagi, jika dibarengi dengan gejala yang lebih parah. Misalnya, nyeri dada, sulit bernapas, dan bibir serta wajah menajadi berwarna biru. Sayangnya, gejala Covid-19 tak hanya itu saja. Masih banyak gejala lain yang lebih parah.

Setiap orang mengalami gejala yang berbeda-beda karena respons tubuh terhadap infeksi virus corona pun tidak sama. Meski jarang terjadi, ada beberapa gejala Covid-19 yang perlu Anda waspadai kemunculannya.

Muncul iritasi kulit

Mengutip dari situs Cleveland Clinic, kulit merupakan salah satu bagian tubuh dengan jumlah pembuluh darah yang banyak. Artinya, ciri-ciri terkena virus corona bisa terlihat di kulit Anda.

Hal yang sama juga berlaku saat Anda terkena penyakit lain, seperti penyakit autoimun.

Baca Juga: Waspadai 5 gejala Covid-19 ini, salah satunya rambut rontok

Fungsi indra penciuman dan pencecap menurun

Gejala Covid-19 lain yang bisa Anda rasakan adalah kemampuan indra penciuman dan indra pencecap mengalami penurunan. Sistem imun tubuh yang terganggu akibat virus berpengaruh pada kondisi sistem saraf Anda.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena seiring berjalannya waktu, kondisi itu bisa kembali normal.

Pita suara terganggu

Sama seperti indra penciuman dan indra pencecap, virus corona dapat mengganggu pita suara sehingga fungsinya tidak bisa berjalan secara normal. Bahkan, serangan virus dapat mengakibatkan suara menjadi serak, sulit menelan, dan kesulitan untuk berbicara.

Baca Juga: 4 Gejala virus corona ini bertahan lebih lama, waspada

Brain fog

Brain fog adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan untuk berpikir dan berkonsentrasi. Sebab, virus corona menyerang sistem saraf manusia yang ada di otak.

Selain brain fog, Anda pun dapat mengalami halusinasi sebagai respons tubuh terhadap infeksi virus.

Denyut jantung meningkat

Ciri-ciri terkena virus corona selanjutnya yang perlu Anda waspadai adalah peningkatan denyut jantung. Infeksi Covid-19 dapat mengganggu sistem imun tubuh dan berpengaruh pada sistem saraf yang mengatur denyut jantung manusia.

Hal itulah yang membuat denyut jantung Anda mengalami peningkatan. Hal yang sama juga berpengaruh pada suhu tubuh Anda.

Jadi, jika Anda mengalami gejala umum dan disertai dengan denyut jantung dan suhu tubuh yang meningkat, segera hubungi tenaga kesehatan agar mendapat perawatan yang sesuai.

Selanjutnya: 6 Tempat dengan risiko tinggi penularan virus corona menurut WHO

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×