Penyakit Menular

Waspada, orang berpenyakit penyerta ini berisiko tinggi terinfeksi Covid-19

Senin, 15 Juni 2020 | 14:32 WIB Sumber: Kompas.com
Waspada, orang berpenyakit penyerta ini berisiko tinggi terinfeksi Covid-19

ILUSTRASI. A patient is being seen to at the intensive care unit at Bispebjerg Hospital in Copenhagen, Denmark May 7, 2020. Picture taken May 7, 2020. Ritzau Scanpix/via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. DENMARK OUT. NO COMMERCIAL

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasien meninggal dunia akibat Covid-19 di Indonesia didominasi oleh mereka yang memiliki penyakit penyerta.

Ahli Epidemiologi Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan, orang dengan penyakit ginjal berisiko tinggi terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Kemenperin manfaatkan anggaran dekonsentrasi untuk UMKM terimbas Covid-19

"Analisis sudah keluar, ternyata yang meninggal mereka yang memiliki penyakit penyerta. Orang-orang dengan penyakit ginjal risikonya saat ini sangat tinggi sekali terinfeksi dan fatalitas tinggi," ujar Dewi dalam konferensi pers di BNPB, Senin (15/6/2020).

Selain itu, penyakit yang berhubungan dengan imunitas, seperti HIV dan lupus, juga memiliki risiko yang tinggi terkena Covid-19.

Termasuk penyakit jantung yang merupakan penyakit penyerta berbahaya bagi Covid-19.

Meskipun penyakit-penyakit tersebut kerap diidap oleh orang lanjut usia (lansia), tetapi tidak menutup kemungkinan mereka yang masih muda juga berpotensi terkena sehingga mudah terpapar Covid-19.

Baca Juga: Selama pandemi Covid-19, Bukalapak mencatat pertumbuhan kunjungan 20%

"Dari yang berhubungan dengan imunitas misalnya penyakit HIV, lupus. Kemudian penyakit jantung juga jadi penyakit penyerta berbahaya," kata dia.

Adapun pada Minggu (14/6/2020), kasus positif Covid-19 di Tanah Air sudah mencapai 38.277. Dari jumlah tersebut, terdapat sebanyak 2.134 orang meninggal dunia dan 14.531 orang lainnya dinyatakan sembuh. (Deti Mega Purnamasari)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Analisis Tim Pakar Gugus Tugas, Orang Berpenyakit Ginjal Berisiko Tinggi Terinfeksi Covid-19"

Editor: Noverius Laoli


Terbaru