kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada! Ini 5 gejala leukimia yang bisa Anda alami


Jumat, 12 Maret 2021 / 12:24 WIB
Waspada! Ini 5 gejala leukimia yang bisa Anda alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Leukimia adalah salah satu jenis kanker yang menyerang darah dan sumsum tulang belakang. Setiap orang mengalami gejala leukimia yang berbeda-beda.

Namun, ada ciri leukimia yang umum terjadi sehingga Anda bisa lebih waspada.

Sampai saat ini, belum ada satu alasan pasti bagaimana leukimia bisa terjadi. Namun, mengutip dari Medical News Today, leukimia disebabkan oleh beberapa faktor pemicu.

Mulai dari usia, riwayat kesehatan keluarga, kebiasaan merokok, terpapar radiasi dan bahan kimia. Penyebab leukimia tersebut perlu hindari.

Selain itu, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami beberapa gejalanya.

Nyeri sendi dan tulang

Ciri-ciri leukimia pertama yang bisa Anda alami adalah sendi dan tulang terasa nyeri. Rasa sakit yang dialami seseorang bervariasi.

Ada yang mengalami sakit ringan, tapi tak sedikit pula yang merasakan sakit parah. Hal itu tentu saja membuat tubuh Anda tak nyaman saat digunakan untuk beraktivitas.

Baca Juga: Berdasarkan usia, inilah penyebab nyeri sendi yang perlu Anda waspadai

Pembengkakan kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening adalah salah satu komponen sistem imun tubuh. Jadi, saat ada benda asing yang menyerang kesehatan tubuh, kelenjar getah bening akan bereaksi.

Beberapa lokasi kelenjar getah bening yang membengkak biasanya di leher, lengan, atau selangkangan.

Mudah berdarah

Sering mengalami gusi berdarah adalah salah satu gejala leukimia yang bisa muncul.

Penyakit leukimia bisa ditandai dengan beberapa bagian tubuh mudah berdarah. Misalnya, gusi Anda mudah berdarah atau Anda lebih sering mengalami mimisan. Penyebabnya, penyakit tersebut mengganggu kemampuan sel darah untuk berhenti.

Perut bengkak

Tidak hanya kelenjar getah bening, leukimia juga menyebabkan perut penderitanya mengalami pembengkakan. Sel leukimia banyak yang menumpuk di liver dan limpa sehingga perut Anda membesar. Tidak jarang kondisi itu menimbulkan sakit perut.

Baca Juga: Waspada, inilah faktor yang menyebabkan gusi berdarah

Gejala leukimia nonspesifik

Melansir Medical News Today, leukimia juga ditandai dengan gejala-gejala nonspesifik. Misalnya, keluar keringat dingin, demam, dan kehilangan nafsu makan.

Namun, gejala itu juga bisa jadi tanda penyakit lain. Jadi, segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalaminya.

Gejala leukimia pada anak

Gejala kanker darah pada anak-anak memang lebih sulit teridentifikasi. Apalagi, jika anak-anak belum bisa mendeskripsikan kondisi yang dialami dengan jelas. Maka dari itu, peran orangtua sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Beberapa gejala yang bisa dirasakan anak-anak adalah kehilangan nafsu makan, gusi berdarah, mudah memar dan berdarah di bagian tubuh yang lain, demam, sering batuk, dan muncul ruam di kulit.

Selanjutnya: Daftar penyakit akibat kelainan darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×