Waspada, infeksi Covid-19 meningkatkan komplikasi pada kehamilan

Rabu, 08 Desember 2021 | 15:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada, infeksi Covid-19 meningkatkan komplikasi pada kehamilan

ILUSTRASI. Komplikasi kehamilan bisa semakin tinggi karena infeksi Covid-19.

KONTAN.CO.ID - Infeksi Covid-19 perlu benar-benar Anda hindari. Tak hanya mengganggu kesehatan sistem pernapasan, virus corona juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lain. Salah satunya adalah komplikasi pada ibu hamil.

Sebuah penelitian menunjukkan, infeksi virus corona bisa memicu beberapa komplikasi pada saat hamil. Mengutip dari The Tribune, hasil penelitian itu dipublikasikan dalam jurnal PLOS Medicine.

Ada faktor lain yang berpengaruh pada tingkat keparahan Covid-19 yang dialami wanita. Mulai dari berat badan berlebih atau obesitas, mengandung lebih dari satu janin, hingga memiliki riwayat hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi.

Melansir The Tribune, komplikasi ibu hamil yang terinfeksi virus corona ada beragam. Misalnya, preeclampsia atau tekanan darah tinggi yang mengganggu organ dalam tubuh, eclampsia yang bisa menyebabkan koma, dan meningkatkan risiko kematian.

Baca Juga: Seram, pandemi berikutnya diramal lebih mematikan daripada COVID-19

Baca Juga: Penemuan terbaru para peneliti terkait mutasi varian Omicron Covid-19

Tidak berhenti sampai di situ, infeksi Covid-19 yang dialami ibu hamil juga memicu kelahiran dengan cara sesar, bayi lahir prematur, dan lain-lain.

Apabila Anda mengalami beberapa kondisi yang menunjukkan adanya masalah pada kesehatan Anda, jangan ragu untuk segera periksa ke dokter, ya.

Selain itu, jangan lupa untuk segera mendapat suntikan vaksin Covid-19. Apalagi, bagi Anda yang tidak memiliki kondisi khusus yang bisa menurunkan efektivitas vaksin.

Tak hanya itu, jangan lupa pula untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan protokol kesehatan. Hindari pergi ke tempat umum yang dipenuhi dengan banyak orang.

Jika Anda terpaksa pergi ke suatu tempat, usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain. Jangan lupa pula untuk selalu menggunakan masker yang pas dan sesuai dengan standar kesehatan.

Selanjutnya: Cocok untuk jarak dekat, intip harga sepeda wanita Pacific Ravella Lite (Desember)

Editor: Belladina Biananda
Terbaru