kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada Gagal Ginjal, Ini 7 Gejala Ginjal Tidak Sehat


Selasa, 04 Januari 2022 / 09:06 WIB
Waspada Gagal Ginjal, Ini 7 Gejala Ginjal Tidak Sehat
ILUSTRASI. Gejala ginjal tidak sehat juga bisa diamati dari pembengkakan kaki


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak gejala ginjal tidak sehat. Mengenali gejala ginjal tidak sehat akan membantu deteksi dini terhadap penyakit ginjal.

Cara mengenali gejala ginjal tidak sehat bisa dilihat dari sejumlah tanda. Jika Anda merasakan atau mengalami gejala ginjal tidak sehat, segera hubungi dokter untuk memastikannya.

Ginjal adalah organ penting yang membantu membuang limbah dan cairan ekstra di tubuh. Jika ginjal tidak sehat, maka seluruh sistem tubuh bisa terganggu.

Salah satu kondisi yang bisa menurunkan fungsi ginjal adalah gagal ginjal. Gagal hinjal merupakan kondisi serius yang kerap diabaikan banyak orang. Sebab, banyak orang yang tak menyadari adanya penyakit ini hingga kondisinya semakin parah.

Gejala ginjal tidak sehat

Agar Anda lebih waspadai, berikut gejala ginjal tidak sehat:

1. Tekanan darah tinggi

Salah satu gejala ginjal tidak sehat adalah adanya tekanan darah tinggi. Ginjal membantu mengatur tekanan darah dengan melepaskan hormon.

Ketika tidak bisa berfungsi, ginjal tidak dapat melakukan tugas secara efektif. Akibatnya, tekanan darah akan menjadi tinggi.

Baca Juga: Bisa Membantu Mengatasi Gagal Ginjal, Ini Manfaat Binahong untuk Kesehatan

2. Sering buang air kecil

Gejala ginjal tidak sehat lainnya adalah sering buang air kecil. Jika Anda merasa ingin buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari, ini bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Ketika filter ginjal rusak, hal ini dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil. Terkadang kondisi ini juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

3. Darah dalam urin

Gejala ginjal tidak sehat juga bisa terlihat jika ada darah dalam urin. Ginjal yang sehat mampu menjaga sel-sel darah dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk membuat urin.

Tetapi ketika filter ginjal telah rusak, sel-sel darah ini bisa masuk ke dalam urin. Selain menandakan penyakit ginjal, darah dalam urin bisa menjadi indikasi tumor, batu ginjal, atau infeksi.

4. Urin berbusa

Gejala ginjal tidak sehat yang mudah dideteksi adalah urin berbusa. Busa dalam uritn, terutama yang mengharuskan Anda menyiram beberapa kali sebelum hilang, menunjukkan adanya protein dalam urin. Busa ini mungkin terlihat seperti busa yang Anda lihat saat mengacak telur, karena protein umum yang ditemukan dalam urin, albumin, adalah protein yang sama yang ditemukan dalam telur.

5. Otot kram

Gejala ginjal tidak sehat lainnya adalah otot kram. Gangguan pada fungsi ginjal bisa memicu ketidakseimbangan elektrolit. Hal ini bisa membuat otot kita mudah kram.

6. Kaki membengkak

Gejala ginjal tidak sehat juga bisa diamati dari pembengkakan kaki. Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi natrium. Hal ini menyebabkan pembengkakan di kaki, khususnya area pergelangan kaki. Pembengkakan pada ekstremitas bawah tubuh juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati, dan masalah vena kaki kronis.

7. Anda memiliki kulit kering dan gatal

Gejala ginjal tidak sehat lainnya adalah masalah kulit. Ginjal bertugas menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh Anda, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah. Ketika ginjal bermasalah, mineral dan nutrisi dalam darah bisa terganggu keseimbangannya. Hal ini bisa membuat Kkulit kering dan gatal.

Itulah beberapa gejala ginjal tidak sehat. Segera hubungi dokter jika tubuh Anda mengalami tanda-tanda di atas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Tanda Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×