kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada Diabetes Melitus, Ini Tanda-Tanda Penyakit DM yang Wajib Anda Ketahui


Rabu, 01 Februari 2023 / 14:16 WIB
Waspada Diabetes Melitus, Ini Tanda-Tanda Penyakit DM yang Wajib Anda Ketahui
ILUSTRASI. Waspada Diabetes Melitus, Ini Tanda-Tanda Penyakit DM yang Wajib Anda Ketahui.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Diabetes melitus atau kencing manis merupakan salahs atu penyakit berbahaya yang wajib diwaspadai dan diketahui tanda-tandanya sejak awal.

Diabetes melitus adalah kondisi kesehatan serius di mana kadar gula darah penderitanya terlalu tinggi untuk diproses oleh tubuh. 

Gula darah tersebut mengendap di aliran darah dan lambat laun dapat menimbulkan komplikasi, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, hingga kehilangan penglihatan.

Dede Nasrullah, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menyebut penyakit diabetes melitus sulit disembuhkan jika terlambat melakukan deteksi dini. 

Baca Juga: Rekrutmen CASN Tahun 2023 Bakal Dibuka, 2 Formasi Ini Paling Banyak Dibutuhkan

Oleh sebab itu, seseorang perlu mengetahui tanda-tanda dari penyakit diabetes melitus agar penanganan penyakit ini lebih cepat.

Ciri-ciri penyakit diabetes melitus 

Dede menyebutkan, ada delapan tanda penyakit diabetes yang wajib diwaspadai seseorang. Ciri atau tanda-tanda tersebut diantaranya: 

1. Sering lapar.

Jika tubuh tidak memiliki cukup insulin maka glukosa tidak dapat masuk ke dalam tubuh. Resistensi insulin menghambat glukosa mencapai sel-sel tubuh untuk memberikan energi dari asupan yang dikonsumsi.

Hal ini mengakibatkan otak dan otot terus-menerus mengirimkan sinyal rasa lapar.

2. Mudah haus. Ciri-ciri diabetes yang khas adalah gampang haus atau polidipsia. Rasa haus ini berbeda dengan haus biasanya karena tidak akan hilang meskipun sudah minum.

3. Sering buang air kecil. Orang yang memiliki diabetes mendorong gula darah naik dan ginjal tidak dapat membawa semuanya menyebabkan seseorang akan lebih sering buang air kecil.

4. Gangguan penglihatan atau kabur 

”Keempat penglihatan kabur, penglihatan terganggu karena adanya perubahan kadar cairan dalam tubuh,” kata Dede, dikutip dari situs UM Surabaya.

5. Kesemutan atau mati rasa pada tangan dan kaki. Ciri-ciri lain yang cukup umum adalah kesemutan atau sensasi dingin menggelitik pada kaki. 

Tidak hanya itu, diabetes juga bisa terlihat dari mudahnya terjadi pembengkakan pada kaki dan tangan.

Baca Juga: Fresh Graduate Bisa Daftar, Lowongan Kerja BUMN 2023 di PT Varuna Tirta Prakasya

6. Kelelahan. Tubuh penderita diabetes akan menolak insulin, artinya tubuh tidak bisa menyerap glukosa dan memiliki lebih sedikit energi sehingga menimbulkan perasaan kelelahan.

7. Rentan terkena infeksi jamur. Penderita diabetes pada umumnya sering rentan terkena berbagai jenis infeksi. Tidak hanya infeksi bakteri dari luka yang susah sembuh, tapi juga infeksi jamur.

8. Berat badan menurun. Meskipun diabetes dikaitkan dengan berat badan berlebih, salah satu tanda awal diabetes yang muncul adalah penurunan berat badan.

”Hal ini disebabkan tubuh tidak mendapatkan energi dari glukosa sehingga mulai membakar otot dan lemak,” jelas Dede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×