Waspada 7 Gejala TBC yang Penting Anda Ketahui, Catat!

Minggu, 23 Oktober 2022 | 16:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Waspada 7 Gejala TBC yang Penting Anda Ketahui, Catat!


KONTAN.CO.ID - Ada beberapa gejala TBC yang penting untuk Anda ketahui. Pasalnya, TBC atau disebut juga sebagai penyakit Tuberkulosis adalah salah satu penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.

Ada beberapa gejala TBC yang perlu Anda ketahui dan patut untuk diwaspadai. Pasalnya, TBC juga merupakan salah satu penyakit menular.

TBC sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium Tuberculosis. Selain itu, TBC juga sangat berbahaya karena dapat menyerang berbagai organ tubuh, salah satunya paru-paru.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan yang Penting Untuk Diketahui

Lantas apa saja gejala awal TBC yang perlu diwaspadai?

Melansir dari Mayo Clinic, berikut terdapat beberapa gejala TBC tahap awal yang perlu diwaspadai, adalah:

1. Batuk Berlangsung Lama

Salah satu gejala TBC yang paling umum terjadi adalah batuk yang berlangsung cukup lama. Biasanya gejala TBC ini akan berlangsung selama tiga minggu atau bahkan lebih lama. 

Selain batuk yang berlangsung lama, tak jarang juga batuk disertai dengan dahak hingga darah. Sehingga jika Anda mengalami gejala TBC ini, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter.

2. Sakit Dada

Paru-paru adalah salah satu organ yang cukup sering terserang oleh TBC. Jika hal tersebut terjadi, kebanyakan penderitanya akan merasakan gejala TBC, yaitu dada terasa sakit. Hal tersebut dikarenakan paru-paru sudah terinfeksi bakteri tuberkulosis yang menyebabkan dada sakit saat bernapas atau batuk.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

3. Berkeringat di Malam Hari

Gejala TBC selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah munculnya keringat di malam hari. Oleh sebab itu, jika Anda berkeringat di malam hari apalagi dengan suhu yang relatif rendah kini harus sedikit waspada. Pasalnya, bisa saja hal tersebut merupakan gejala TBC tahap awal.

4. Nafsu Makan Menurun

Selain berkeringat di malam hari, gejala TBC lainnya nafsu makan semakin menurun. Umumnya, hilangnya nafsu makan tersebut dikarenakan ada organ tubuh yang sudah terinfeksi sehingga metabolisme tidak berjalan dengan baik. Selain itu, sistem imun juga akan semakin lemah.

Baca Juga: Klasemen Liga Inggris: Arsenal Tetap Kokoh dan Persaingan 5 Besar Semakin Sengit

5. Berat Badan Menurun Drastis

Nafsu makan yang semakin menurun juga berdampak kepada gejala TBC selanjutnya yaitu berat badan yang menurun drastis. Dalam tahap ini Anda harus semakin waspada. Pasalnya, tak menutup kemungkinan bakal muncul gejala TBC lainnya.

6. Demam

Tak berhenti disitu, TBC juga bisa menimbulkan gejala berupa demam tinggi. Meski pada dasarnya demam adalah sebuah perlawanan tubuh terhadap infeksi, namun Anda tetap harus waspada jika demam tak kunjung reda dalam waktu tertentu.

Baca Juga: Top Skor Liga Inggris: Haaland Berhenti Cetak Gol Kane dan Mitrovic Mulai Mengejar

7. Tubuh Cepat Lelah

Gejala TBC yang tak boleh terlewatkan dan kerap luput dari perhatian adalah tubuh yang cenderung cepat lelah. Hal tersebut dikarenakan metabolisme dan sistem imunitas kan semakin menurun. Selain itu, hal tersebut juga berbahaya karena dapat memicu munculnya penyakit berbahaya lainnya saat sistem imun lemah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru