Waspada 7 Gejala HIV yang Penting Untuk Diketahui, Catat!

Selasa, 22 November 2022 | 07:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Waspada 7 Gejala HIV yang Penting Untuk Diketahui, Catat!


KONTAN.CO.ID - Gejala HIV atau infeksi human immunodeficiency adalah salah satu hal yang penting untum diketahui. Pasalnya, HIV adalah salah satu penyakit ganas yang sangat membahayakan kesehatan.

Mengetahui gejala HIV adalah yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, jika gejala HIV tidak segera diobati bisa semakin buruk dan berkembang menjadi AIDS atau Acquired Immunodeficiency Syndrome.

Penyakit HIV dapat menular melalui cairan yang ada di dalam tubuh. Contohnya seperti darah, air mani hingga air vagina. Oleh sebab itu, Anda harus waspada saat akan melakukan hubungan seksual ataupun saat menggunakan jarum suntik.

Baca Juga: Amerika Serikat vs Wales Tayang 02.00 WIB, Simak Jadwal Piala Dunia 2022 Lainnya

Lantas apa saja gejala HIV yang perlu diwaspadai?

Melansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa gejala HIV yang perlu diwaspadai, di antaranya:

1. Demam Tinggi

Salah satu gejala HIV yang biasanya awal dialami adalah demam tinggi. Gejala HIV tahap awal ini cukup sulit dibedakan. Pasalnya, demam juga kerap menjadi gejala berbagai penyakit atau gangguan kesehatan lainnya.

2. Kelelahan

Selain demam, gejala HIV tahap awal yang mungkin akan Anda alami adalah tubuh merasa cepat lelah. Hal tersebut dikarenakan metabolisme dan sistem imunitas tubuh sudah mulai terganggu. Sehingga akan membuat Anda cenderung cepat merasa lelah.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022: Senegal vs Belanda Tayang Pukul 23.00 WIB

3. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Gejala HIV yang paling sering terjadi atau dialami adalah munculnya pembengkakan kelenjar getah bening. Hal tersebut cukup berbahaya, jadi jika Anda mengalami gejala HIV ini segera untuk melakukan penanganan lebih lanjut ke dokter.

4. Diare

Diare adalah gangguan kesehatan yang berkaitan dengan sistem pencernaan yang cukup sering dialami. Namun, jika Anda mengalami diare dalam frekuensi yang cukup tinggi sebaiknya perlu sedikit waspada. Pasalnya, diare juga merupakan salah satu gejala HIV tahap awal.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022: Nanti Malam Ada Laga Inggris vs Iran Pukul 20.00 WIB

5. Penurunan Berat Badan

HIV merupakan penyakit yang bisa menyerang sistem imunitas tubuh dan menurunkan nafsu makan. Sehingga tak heran, salah satu gejala HIV yang membuat berat badan menurun dratis.

6. Sariawan

Gejala HIV selanjutnya adalah sering muncul sariawan di mulut. Anda perlu waspada jika sering mengalami sariawan dalam rentang waktu yang cukup sering. Pasalnya, sariawan atau infeksi jamur mulut merupakan gejala HIV yang kerap terjadi.

Baca Juga: 5 Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

7. Herpes

Gejala HIV tahap awal yang tak boleh terlewatkan adalah herpes. Herpes sendiri adalah kelompok virus yang menyebakan infeksi di area kulit. Biasanya gejala HIV ini muncul di bagian tertetu, salah satunya di area kelamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru